Illustrasi Plat Nomor Wilayah Di Indonesia
Umum

Wilayah dengan Plat Nomor A dan Cara Cek Info Pajaknya

Plat nomor A akan Anda jumpai dengan mudah di wilayah Banten. Plat nomor A ini merupakan identitas kendaraan bermotor yang berasal dari Banten dan sekitarnya.

Plat nomor yang dipasang pada kendaraan bermotor bertujuan agar setiap kendaraan yang ada di Indonesia dapat tercatat dan dilakukan pendataan secara resmi dan administrasi oleh pihak Kepolisian dan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kota/Kabupaten. Jika dilihat, plat nomor kendaraan merupakan gabungan huruf dan angka. 

Gabungan huruf dan angka tersebut juga memiliki arti tersendiri. Berikut ini penjelasan tentang plat nomor A dan arti kode dalam plat nomor tersebut.

Plat Nomor A dan Kode Belakangnya

P 2
Contoh plat nomor A

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa plat nomor A merupakan identitas bagi kendaraan bermotor yang berasal dari Provinsi Banten. Kabupaten atau kota yang menggunakan plat nomor A adalah Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

Dalam plat nomor A, Anda akan menemukan gabungan huruf dan angka yang berbeda antara kendaraan satu dengan yang lainnya. Dalam plat nomor tersebut terdapat tiga bagian yaitu bagian depan, tengah dan belakang.

Pada bagian depan plat nomor terdapat kode huruf yang menandakan lokasi atau wilayah kendaraan kemudian diikuti dengan 4 angka  pada bagian tengah. Pada bagian belakang plat nomor terdapat 2 huruf sebagai kode kabupaten atau kota.

Untuk lebih memahami kota atau kabupaten asal dari plat nomor A, berikut daftar kode belakangnya.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kota SerangA*/B*/C*/D*A 1234 DA
Kab. SerangE*/F*/G*/H*/I*A 1234 HK
Kab. TangerangW*/X*/Y*/Z*A 1234 ZR
Kab. CilegonO*/U*/V*A 1234 VR
Kab. PandeglangJ*/K*/L*/M*/N*A 1234 NR
Kab. LebakP*/R*/S*/T*A 1234 TV

Cara Cek Plat Nomor A

Pemerintah Banten memberikan kemudahan bagi masyarakat Banten yang ingin melakukan pengecekan plat nomor A. Pengecekan plat nomor tersebut bertujuan untuk mengetahui data kendaraan tersebut dan juga besaran pajaknya.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengecek plat nomor A, yaitu:

1. Via SMS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk cek plat nomor A adalah dengan menggunakan SMS. Format yang bisa Anda gunakan adalah INFO [spasi] PAJAK [spasi] plat nomor kendaraan. Setelah itu, kirim SMS ke 8893.

Sebagai contoh, INFO PAJAK A1234NR, kemudian kirim ke 8893. Dalam penulisan SMS ini, Anda perlu memperhatikan besar kecilnya huruf yang digunakan.

Dengan menggunakan huruf yang sesuai maka Anda akan terhindari dari kesalahan data pengiriman sehingga proses pengecekan berjalan lebih lancar.

2. Via Website

Selain melalui SMS, Anda juga bisa mengecek plat nomor dengan menggunakan website. Anda bisa melakukan pengecekan plat nomor A melalui situs https://bapenda.bantenprov.go.id/info_samsat.

Saat ingin mengecek plat nomor A milik Anda, Anda akan diminta untuk menuliskan plat nomor tersebut dan juga NIK. Kemudian akan diproses dan data terkait informasi kendaraan Anda akan ditampilkan.

3. Via Aplikasi

Samsat Banten merilis aplikasi yang diberi nama “SAMBAT-SAMSAT BANTEN HEBAT”. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka Anda dapat mengecek plat nomor A milik Anda.

Untuk bisa mengecek plat nomor A dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan email dan membuat password. Email dan password tersebut nantinya dapat Anda gunakan untuk mengakses aplikasi “SAMBAT-SAMSAT BANTEN HEBAT”.

Setelah Anda berhasil melakukan registrasi, Anda tinggal memilih menu PKB, lalu isi plat nomor kendaraan yang ingin dicari informasinya. Selanjutnya klik “Proses” untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Tanya Jawab Seputar Plat Nomor A?

  1. Bagaimana cara cek plat nomor A?

Anda bisa melakukan pengecekan plat nomor A dengan menggunakan SMS, website Bapenda Banten, dan juga menggunakan aplikasi “SAMBAT-SAMSAT BANTEN HEBAT”.

  1. Plat nomor A berasal dari daerah mana?

Plat nomor A digunakan pada kendaraan yang berasal dari Provinsi Banten yang meliputi Kota Serang, Kab. Serang, Kab. Tangerang, Kab. Cilegon, Kab. Pandeglang, dan Kab. Lebak.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.