Plat Nomor Mobil Perkotaan
Umum

Plat Nomor W Daerah Mana? Berikut Penjelasan Lengkapnya 

Setiap kendaraan di Indonesia tentu dilengkapi dengan plat nomor kendaraan yang terdiri atas deretan beberapa huruf dan angka. Deretan huruf dan angka ini tentu memiliki arti tersendiri yang bisa di cek dan wajib diketahui oleh pemilik kendaraan. 

Salah satunya adalah kode huruf tertentu di depan dan belakang yang mengapit angka, biasanya menunjukan daerah asal kendaraan tersebut. 

Plat Nomor W dan Kode Belakangnya 

Plat nomor W
Contoh plat nomor W

Plat nomor W merupakan salah satu jenis kode pada plat kendaraan yang ada di Indonesia. Kode ini sesuai dengan aturan, yakni pada Peraturan Polri nomor 7 tahun 2021 tentang Regident Ranmor (Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor). 

Berdasarkan peraturan tersebut, kode seri W adalah kode kendaraan untuk daerah Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Mojokerto

Dulunya, sebelum peraturan Polri Nomor 7 diberlakukan, kode kendaraan untuk wilayah Gresik, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto adalah S. Baru kemudian setelah peraturan baru ini diterapkan maka kode diubah dari S tadi menjadi huruf W yang kemudian masih berlaku sampai sekarang. 

Kode W ini sendiri masuk ke plat nomor bagian depan, yang kemudian disusul oleh deretan angka yang disebut nopol atau nomor polisi. 

Kode kendaraan kemudian ditutup dengan satu atau dua deretan huruf yang menunjukan wilayah dari suatu kabupaten di sebuah daerah. Sehingga plat nomor W dan jenis lainnya adalah nomor identitas kendaraan. 

Sebagai nomor identitas, maka fungsinya sama seperti KTP. Yakni untuk mendata kendaraan tersebut agar masuk ke sistem pendataan milik Polri. Kemudian menjamin kendaraan dengan plat nomor tersebut adalah kendaraan resmi. Sehingga pemiliknya membeli secara resmi dan taat pajak. 

Terkait pajak, plat nomor W ini juga ada kode yang menunjukan masa berlaku dengan jangka lima tahun. Misalnya kendaraan dibeli di tahun 2022 maka plat nomor berlaku sampai tahun 2027. 

Setelahnya pemilik kendaraan wajib membayar pajak perpanjangan plat nomor lima tahun ke depan di Kapolsek setempat. 

Secara umum, plat nomor pada kendaraan akan terdiri dari dua baris dan masing-masing baris menunjukan informasi berbeda. Berikut detailnya: 

  • Baris pertama menunjukkan kode wilayah, nomor polisi, dan kode atau seri akhir wilayah yang bersangkutan. Contohnya adalah W 1234 RG. 
  • Baris kedua menunjukkan bulan dan tahun masa berlakunya plat nomor tersebut yang dijelaskan sebelumnya, yakni berlaku selama lima tahun. Contoh penulisannya adalah 01.25 yang artinya plat nomor W tersebut berlaku sampai Januari tahun 2025. 

Kemudian untuk kode belakang yang menunjukan seri akhir wilayah yang pada plat nomor dengan kode W ini terbagi menjadi dua.  

Kode huruf belakang sendiri menunjukan asal kota atau kabupaten di dalam daerah yang ditunjukan kode huruf depan, yakni huruf  W tadi. Berikut detail kode belakang untuk plat nomor W tersebut: 

Kota/KabupatenKode Belakang Contoh Plat Nomor 
Kabupaten Gresik A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*W 1234 AZ
Kabupaten Sidoarjo N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*W 1234 QT 

Kode belakang pada plat nomor W sangat penting, sebab menunjukan identitas wilayah kendaraan tersebut. Misalnya kendaraan tersebut berasal dari daerah mana sehingga pemilik barunya bisa tahu harus membayar pajak kendaraan di Samsat daerah mana dan kapan. 

Cara Cek Plat Nomor W Secara Online 

Bagi pemilik kendaraan dengan plat kode W yang kemudian ingin mencari tahu detail jenis kendaraan dan siapa pemiliknya. Maka bisa melakukan pengecekan secara online, yakni melalui aplikasi Cek Data Kendaraan. 

Melalui aplikasi ini tersedia fitur untuk mengecek plat nomor kendaraan, nama pemilik, dan tipe kendaraan. 

Cara Cek Pembayaran Pajak Kendaraan dengan Plat Nomor W 

Hal penting berikutnya yang wajib dipahami adalah cara cek pembayaran pajak untuk kendaraan dengan plat nomor W. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pajak kendaraan tersebut sudah dibayarkan atau belum. Adapun caranya seperti berikut:

  • Kunjungi website https://info.dipendajatim.go.id/
  • Lalu pilih menu “Info PKB”
  • Masukan nomor polisi kendaraan dengan plat nomor W, contohnya  W 1234 AZ
  • Maka dilayar akan muncul informasi mengenai pajak kendaraan tersebut.
Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.