Illustrasi Plat Nomor Wilayah Di Indonesia
Umum

Plat Nomor H dan Kode Belakangnya

Plat nomor kendaraan merupakan identitas bagi kendaraan bermotor selain STNK, dan BPKB. Plat nomor kendaraan dipasang di bagian depan dan belakang dari kendaraan bermotor.

Anda mungkin pernah menjumpai kendaraan dengan plat nomor H. Kode plat nomor H menjadi tanda bahwa kendaraan tersebut berasal dari wilayah Semarang.

Selain kode plat nomor H yang ada di bagian depan, pada bagian belakang juga terdapat kode huruf. Kode belakang tersebut menjadi identitas kota atau kabupaten asal kendaraan bermotor.

Plat Nomor H

Yellow Car Plate Automotive Business Card 2
Contoh plat nomor H

Kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Semarang memiliki plat nomor H. Selain itu, ada beberapa daerah lainnya di sekitar Semarang yang menggunakan plat nomor tersebut.

Daerah yang menggunakan plat nomor H adalah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kabupaten Demak. Selain plat nomor H, lima kabupaten dan kota tersebut juga memiliki ciri khas kode belakang plat nomor kendaraan sendiri.

Kode belakang dalam plat nomor tersebut berbeda antara satu kabupaten dengan yang lainnya. Penentuan kode plat nomor tersebut telah ditentukan oleh pemerintah dan Polri.

Kode Belakang Plat Nomor H

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada lima kabupaten dan kota yang menggunakan plat nomor H. Kode H tersebut terletak di bagian depan dari plat nomor kendaraan.

Kemudian setelahnya diikuti dengan gabungan empat angka acak. Angka tersebut merupakan nomor registrasi kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat.

Sementara di belakang plat nomor kendaraan juga terdapat gabungan dua atau tiga huruf. Huruf tersebut merupakan kode kabupaten atau kota.

Agar memudahkan Anda untuk mengidentifikasi asal kendaraan bermotor, maka Anda dapat memperhatikan kode depan dan kode belakang plat nomor kendaraan. 

Berikut daftar kode belakang plat nomor kendaraan yang ada di wilayah Semarang 

Kota/KabupatenKode BelakangContoh
Kota Semarang *A/*F/*G/*H/*P/*Q/*R/*S/*W/*X/*Y/*ZH 1234 KR
Kab Semarang*C/*I/*L/*VH 1234 LV
Kab Kendal*D/*M/*UH 1234 HU
Kota Salatiga*B/*K/*O/*TH 1234 KB
Kab Demak*E/*J/*NH 1234 LN

Cara Cek Pajak Kendaraan Plat Nomor H

Berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia, setiap pemilik kendaraan bermotor baik itu motor atau mobil wajib untuk membayar pajak. Pajak kendaraan bermotor tersebut dibayarkan setahun sekali.

Besarnya pajak kendaraan bermotor berbeda-beda. Tergantung pada jenis kendaraan bermotor dan juga tepat waktu atau tidaknya dalam pembayaran pajak tersebut.

Jika pajak kendaraan dibayarkan melebihi jatuh tempo, maka pemilik kendaraan akan dikenakan denda keterlambatan. Nah, agar Anda terhindar dari hal tersebut, Anda bisa cek terlebih dahulu pajak kendaraan Anda melalui cara berikut ini.

1. Melalui SMS

Untuk cek pajak kendaraan bermotor dengan plat nomor H, Anda tidak perlu lagi mendatangi kantor Samsat. Anda bisa melakukannya melalui SMS, berikut ini caranya.

  • Buka menu SMS di ponsel dan ketik format berikut:

Info (spasi) plat nomor kendaraan (spasi) warna kendaraan

Contohnya: Info H1234KR Hitam

  • Kemudian kirimkan SMS tersebut ke nomor 08112119211 yang merupakan nomor resmi untuk cek pajak kendaraan
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi kode bayar, info kendaraan serta besaran nominal yang harus dibayar untuk pajak kendaraan Anda.

2. Melalui Aplikasi e-Samsat

Cara lainnya untuk cek besaran tagihan pajak kendaraan Anda adalah lewat aplikasi e-Samsat, caranya seperti ini:

  • Instal aplikasi e-Samsat lewat Play Store atau App Store di ponsel Anda
  • setelah terinstal buka aplikasi tersebut
  • Pilih daerah kendaraan, contohnya: KENDAL
  • Kemudian masukan nomor plat kendaraan, contohnya: H1234HU
  • Selanjutnya akan muncul informasi mengenai besarnya tagihan pajak dan tanggal jatuh temponya.

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui besarnya pajak kendaraan tersebut, Anda bisa melakukan pembayaran pajak. Pembayaran pajak kendaraan untuk plat nomor H bisa Anda lakukan di kantor Samsat di wilayah Semarang.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.