Arti Plat Nomor Kendaraan Autobild
Umum

Plat Nomor BK dan Program Pemutihan di Wilayah Sumatera Utara Tahun 2022

Plat nomor BK maupun kode lainnya adalah bentuk identitas dari kendaraan resmi yang teregistrasi di Samsat. Kendaraan resmi ini memiliki STNK dan BPKB yang masih berlaku sehingga bisa dioperasionalkan. Kode di dalam plat nomor tentu bukan sekedar kode acak melainkan ada artinya. Lalu, plat nomor BK dari daerah mana? Berikut informasinya

Plat Nomor BK Asal Daerah Mana? 

Setiap wilayah atau daerah di Indonesia memiliki kode plat yang khas sehingga dijamin berbeda satu sama lain. Lalu, plat nomor BK asalnya dari daerah mana? Kode BK pada plat nomor ternyata menunjukan jika kendaraan tersebut berasal dari Sumatera Utara yang statusnya adalah salah satu provinsi di Indonesia. 

Sumatera Utara kemudian memiliki 15 kota dan kabupaten yang dengan kode belakang berbeda-beda. Kode belakang ini berbentuk huruf, baik huruf pertama setelah angka maupun huruf kedua. Sehingga asal provinsi sampai kota dan kabupatennya bisa diketahui ketika melakukan pengecekan. 

Kode Belakang Plat BK 

P 31
Contoh plat nomor BK

Total kota dan kabupaten di Sumatera Utara adalah 15 kota dan kabupaten. Masing-masing memiliki kode belakang yang berbeda untuk memudahkan proses identifikasi kendaraan dengan plat nomor BK. Berikut daftar kode belakang dari masing-masing kota dan kabupaten yang menggunakan plat nomor BK

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh Plat Nomor
Kota BinjaiRBK 1234 RG
Kota MedanA/B/C/D/E/F/G/H/I/K/LBK 1234 KI
Kota Pematang SiantarWBK 1234 WN
Kota Tanjung BalaiQBK 1234 QT
Kota Tebing TinggiNBK 1234 NF
Kab. AsahanVBK 1234 VK
Kab. BatubaraOBK 1234 OX
Kab. Deli SerdangMBK 1234 MT
Kab. KaroSBK 1234 SQ
Kab. LabuhanbatuYBK 1234 YR
Kab. Labuhanbatu SelatanZBK 1234 ZI
Kab. Labuhanbatu UtaraJBK 1234 JF
Kab. LangkatPBK 1234 PN
Kab. Serdang BedagaiXBK 1234 XI
Kab. SimalungunT/UBK 1234 TD

Plat Nomor BK dan Arti Kodenya 

Plat nomor BK pada setiap kendaraan yang berasal dari Sumatera Utara memiliki kombinasi huruf dan angka yang dicetak di lembaran aluminium dengan warna latar belakang yang khas. Kode di dalam plat nomor BK tersebut terbagi menjadi empat jenis, berikut arti dari deretan kode huruf dan angka tersebut

1. Huruf Awal 

Huruf awal BK di dalam plat kendaraan adalah informasi mengenai asal wilayah atau daerah kendaraan tersebut diregistrasikan ke Samsat wilayah Sumatera Utara.

2. Angka di Tengah

Angka di tengah biasanya terdiri dari 1 sampai 4 angka secara acak dan menunjukan nomor registrasi kendaraan tersebut.  

3. Huruf Pertama setelah Angka 

Kode berikutnya di dalam plat kendaraan adalah huruf pertama setelah angka. Kode  belakang yang terdiri dari 2 huruf dimana huruf pertama menunjukan asal kota atau kabupaten kendaraan tersebut. Misalnya pada plat nomor BK 1234 RG, maka huruf R menunjukan kendaraan tersebut berasal dari kota Binjai.

4. Huruf Kedua setelah Angka 

Kode terakhir adalah huruf kedua yang menunjukan jenis kendaraan tersebut.

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Sumatera Utara (Plat Nomor BK)

Bagi setiap pemilik kendaraan maka wajib memiliki plat nomor yang dijelaskan di atas. Kendaraan baru maupun setengah pakai biasanya sudah dilengkapi plat nomor. Khusus untuk kendaraan baru kadang plat nomor baru dikeluarkan Samsat setempat setelah beberapa minggu sampai beberapa bulan. Sementara akan memakai plat putih merah (latar belakang putih dan warna huruf merah). 

Selain itu ada kewajiban untuk disiplin membayar pajak, baik pajak setahun sekali maupun per lima tahun sekali. Khusus bagi pemilik kendaraan bermotor dengan plat nomor BK maka ada kabar baik. Sebab Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Sumut menggelar program pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2022

Sehingga ada pemutihan pajak, dimana pemilik kendaraan yang pajaknya lama tidak dibayarkan bisa mendapat keringanan dari sanksi dan denda. Pemutihan ini bisa dimanfaatkan pemilik kendaraan pribadi maupun kendaraan milik usaha atau perusahaan. Adapun program dibuka dari tanggal 6 September 2022 sampai 30 November 2022. 

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.