Arti Plat Nomor Kendaraan Autobild
Umum

Plat Nomor BG Daerah Mana? Ini Penjelasan dan Cara Melakukan Pengecekan 

Semua kendaraan di Indonesia tanpa terkecuali memiliki plat nomor sebagai identitas. Plat nomor ini kemudian memiliki kode yang sifatnya unik dan memiliki definisi sendiri-sendiri. Tidak terkecuali untuk kendaraan dengan plat nomor BG. Plat kode BG ini tentu menjadi pertanyaan berasal dari mana, ketika memang masih dirasa asing karena jarang melihatnya. 

Asal Wilayah Plat Nomor Kode BG 

P 13
P 13

Jika membahas mengenai plat nomor kendaraan maka akan membahas juga asal kendaraan tersebut, lebih tepatnya asal wilayah atau daerahnya. Jadi, plat pada nomor kendaraan memberikan informasi asal kendaraan tersebut selain informasi lain. Misalnya siapa pemiliknya, riwayat pajaknya, dan lain-lain. 

Khusus untuk plat nomor BG diketahui merupakan kode kendaraan yang berasal dari wilayah Sumatera Selatan. Kode BG sendiri biasanya diletakan di bagian paling depan dan disebut sebagai kode depan. Kode depan ini memang menunjukan asal wilayah kendaraan, yakni provinsi asalnya. 

Seperti plat kode BG tersebut, dimana kode ini merupakan identitas untuk kendaraan yang berasal dari provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini tentu memiliki beberapa kabupaten dan setiap kabupaten memiliki kode belakang berbeda. Kode belakang adalah kode huruf di bagian paling belakang pada plat kendaraan. 

Supaya tidak bingung, berikut adalah contoh plat nomor kendaraan BG 1234 AS. Kode “BG” menunjukan asal provinsi kendaraan tersebut, sementara kode “1234” adalah nomor urut registrasi kendaraan, sementara kode “AS” adalah kode belakang. Kode belakang menunjukan asal kota atau kabupaten kendaraan tersebut. 

Jadi, adanya kode belakang akan memudahkan proses pendataan kendaraan. Sebab jika hanya menginformasikan asal provinsinya padahal satu provinsi bisa memiliki belasan sampai puluhan kabupaten dan wilayahnya luas. Maka pencarian kendaraan masih susah, maka ditambahkan kode belakang yang menjelaskan asal kota atau kabupatennya. 

Daftar Kode Belakang untuk Plat Nomor BG

Khusus untuk plat nomor BG sendiri kemudian memiliki beberapa kode belakang sesuai dengan jumlah kota dan kabupaten di Sumatera Selatan. Berikut detail kode belakang plat BG dan contohnya: 

Kota / KabupatenKode Belakang Contoh Plat 
Kota PalembangA/I/L/M/N/P/Q/R/U/X/ZBG 2345 AS
Kota PrabumulihCBG 2345 CD
Kota Lubuk LinggauHBG 2345 HL
Kota PagaralamWBG 2345 WR
Kab. BanyuasinJBG 2345 JK
Kab. LahatEBG 2345 EU
Kab. Muara EnimDBG 2345 DA
Kab. Ogan IlirTBG 2345 TS
Kab. Musi RawasGBG 2345 GB
Kab. Musi BanyuasinBBG 2345 BX
Kab. Ogan Komering IlirKBG 2345 KW
Kab. Ogan Komering UluFBG 2345 FU
Kab. Ogan Komering Ulu TimurVBG 2345 VT
Kab. Ogan Komering Ulu SelatanYBG 2345 YM
Kab.Penukal Abab Lematang IlirOBG 2345 OP
Kab. Empat LawangSBG 2345 SW

Plat nomor memiliki kode yang membantu mengetahui asal provinsi dan kabupaten kendaraan tersebut. Semisal  kendaraan hilang dan ditemukan maka bisa dicari siapa pemiliknya. Begitu juga jika ada kendaraan yang digunakan untuk tindak kejahatan sampai tabrak lagi. Maka petugas bisa mencari tahu pelakunya lewat pengecekan pemiliknya. 

Cara Mengecek Kendaraan dengan Plat BG 

Jika ingin mengetahui asal kendaraan dengan melihat plat nomor BG maupun kode wilayah lainnya. Maka perlu dilakukan pengecekan, dulunya pengecekan hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke Samsat. Namun, sekarang bisa dilakukan secara online lewat smartphone.

Caranya pun cukup dengan menginstal aplikasi Cek Plat di App Store maupun Play Store. SEtelah terinstal buka aplikasi tersebut dan masukan nomor plat di kolom yang disediakan, contohnya BG 2345 AS.

Dalam hitungan detik aplikasi Cek Plat akan menampilkan hasil pencarian. Nantinya akan ditampilkan identitas kendaraan secara lengkap sesuai data di sistem Samsat. Pada layar akan tertera nama pemilik kendaraan plat nomor BG, nomor mesin, rangka mesin, riwayat pajak, dan lain sebagainya. 

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.