Foto Plat Nomor Mobil Di Kota Jakarta
Umum

Plat Nomor AG dan Syarat Pembuatan SIM Wilayah Kediri

Setiap pengguna dan pemilik kendaraan bermotor harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah peraturan untuk memasang plat nomor.

Plat nomor merupakan identitas bagi kendaraan bermotor. Dengan memasang plat nomor di bagian depan dan belakang kendaraan, maka akan memudahkan pihak yang berwenang untuk mengenali asal kendaraan bermotor tersebut.

Misalnya saja kendaraan yang menggunakan plat nomor AG merupakan kendaraan yang berasal dari wilayah eks Karesidenan Kediri.

Plat Nomor AG

P 6
Contoh plat nomor AG

Plat nomor AG akan mudah Anda temukan di Jawa Timur, khususnya daerah Kediri. Plat nomor AG dijadikan sebagai identitas dari kendaraan bermotor yang berasal dari Kediri dan sekitarnya.

Adapun kabupaten atau kota yang menggunakan plat nomor AG diantaranya adalah Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Nganjuk. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah eks Karesidenan Kediri.

Pemilik kendaraan bermotor diwajibkan untuk memasang plat nomor AG sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena jika melanggar aturan tersebut, maka Anda akan dikenai sanksi tilang oleh polisi.

Kode Belakang Plat AG

Ada tujuh kabupaten atau kota yang menggunakan plat nomor AG di Jawa Timur. Meskipun memiliki kode depan plat nomor yang sama, namun kode belakang yang dimiliki masing-masing kabupaten atau kota berbeda.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengenali kabupaten atau kota asal kendaraan bermotor tersebut, Anda bisa melihat daftar kode belakang plat nomor AG berikut ini.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kab. KediriD**/E*/F*/G*/H*/J*AG 1234 FK
Kota KediriA**/B*/C*AG 1234 ARB
Kab. BlitarI*/K**/L*/M*/N*AG 1234 LS
Kota BlitarP**/Q*AG 1234 PKT
Kab. TulungagungO*/R**/S*/T*AG 1234 SK
Kab. TrenggalekY**/Z*AG 1234 ZN
Kab. NganjukU**/V*/W*/X*AG 1234 VK

Syarat dan Biaya Pembuatan SIM di Wilayah Kediri

Selain mematuhi aturan penggunaan plat nomor AG yang benar, pengemudi kendaraan bermotor di wilayah Kediri juga harus mematuhi aturan lainnya. Pengguna plat nomor AG dalam berkendara di jalan raya sebaiknya juga memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi).

Pengendara juga harus memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Misalnya SIM C untuk motor, SIM A untuk mobil, dan yang lainnya. 

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika seseorang ingin memiliki SIM. Berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, ada beberapa persyaratan dalam pembuatan SIM. Persyaratan tersebut yaitu usia, administrasi, kesehatan, dan lulus ujian.

Bagi pemilik kendaraan plat nomor AG, untuk pembuatan SIM dapat dilakukan di Polres yang ada di masing-masing kabupaten atau kota. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIM.

  1. Mengisi formulir pendaftaran SIM secara manual atau melakukan pendaftaran secara elektronik.
  2. Melampirkan fotocopy KTP dan menunjukkan KTP asli.
  3. Melampirkan fotocopy sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi yang asli.
  4. Melampirkan fotocopy surat izin kerja asli dari kementerian yang membidangi ketenagakerjaan. Persyaratan ini khusus bagi warga negara asing yang bekerja di Indonesia.
  5. Melakukan perekaman biometrik berupa sidik jari dan/atau pengenalan wajah maupun retina mata.
  6. Menyerahkan tanda bukti pembayaran penerimaan negara bukan pajak.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Pemilik plat nomor AG nantinya juga akan dikenakan tarif pembuatan SIM baru. Biaya pembuatan SIM juga berbeda berdasarkan jenis SIM.

Berikut ini biaya pembuatan SIM baru yang berlaku sekarang.

  • Biaya pembuatan SIM A adalah Rp 120.000 per penerbitan.
  • Biaya pembuatan SIM B I maupun SIM B II adalah Rp 120.000 per penerbitan.
  • Biaya pembuatan SIM C, SIM C I, SIM C II adalah Rp 100.000 per penerbitan.
  • Biaya pembuatan SIM D maupun SIM D II adalah Rp 50.000 per penerbitan.

Demikian informasi tentang kode plat nomor AG dan cara pembuatan SIM untuk pengendara plat nomor AG. Pastikan Anda mematuhi peraturan berkendara di jalan raya agar terhindar dari sanksi tilang dan demi keselamatan Anda.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.