Plat Nomor Mobil Sport
Umum

Plat Nomor AD dan Daftar Kode Belakangnya

Anda mungkin akan banyak menemukan kendaraan bermotor dengan plat nomor AD di Jawa Tengah. Tentu saja, karena plat nomor AD merupakan kode wilayah dari kendaraan yang berasal dari Surakarta dan sekitarnya.

Plat nomor AD digunakan sebagai identitas untuk kendaraan bermotor. Kode AD berada di awal nomor kendaraan kemudian diikuti deretan angka dan juga huruf di bagian belakang.

Rangkaian huruf di belakang tersebut juga memiliki makna tersendiri. Berikut informasi lengkapnya tentang plat nomor AD dan kode di belakangnya.

Plat Nomor Kendaraan AD berasal dari Daerah Mana?

Yellow Car Plate Automotive Business Card 1
Contoh plat nomor AD

Plat nomor kendaraan AD merupakan kode wilayah kendaraan bermotor yang berasal dari Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten  Sukoharjo, Kota Surakarta – Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri.

Plat nomor AD digunakan sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor yang berasal dari daerah-daerah tersebut. Dalam plat nomor tersebut terdapat gabungan huruf dan angka. Rangkaian huruf dan angka tersebut memiliki makna tersendiri.

Kode huruf paling depan yang terdiri dari satu atau dua huruf merupakan kode wilayah. Gabungan beberapa angka di belakangnya adalah nomor identitas kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh Samsat.

Sedangkan gabungan dua atau tiga huruf di belakang merupakan kode kabupaten atau kota. Masing-masing kota atau kabupaten memiliki ciri kode belakang yang berbeda meskipun sama-sama menggunakan plat nomor kendaraan AD.

Kode Belakang Plat Nomor AD

Seperti yang telah diketahui, bahwa ada tujuh kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor AD sebagai kode wilayah. Untuk mengidentifikasi kendaraan tersebut berasal dari kota atau kabupaten mana, Anda bisa memperhatikan kode belakang di plat nomor tersebut.

Berikut daftar kode belakang yang digunakan pada plat nomor AD.

Kota/KabupatenKode BelakangContoh
Kab. Boyolali*D/*M/*WAD 1234 KW
Kab. Klaten*C/*L/*J/*Q/*VAD 1234 LQ
Kab. Sukoharjo*B/*K/*O/*TAD 1234 PT
Kota Surakarta – Solo*A/*H/*S/*UAD 1234 KS
Kab. Karanganyar*F/*P/*ZAD 1234 LP
Kab. Sragen*E/*N/*YAD 1234 KN
Kab. Wonogiri*G/*I/*RAD 1234 LG

Cara Cek Pajak Kendaraan Plat Nomor AD

Sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, semua jenis kendaraan bermotor wajib melakukan pembayaran pajak kendaraan setiap tahun. Begitu juga dengan pemilik kendaraan dengan plat nomor AD harus melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya.

Sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan, Anda juga bisa cek terlebih dahulu pajak kendaraan yang Anda miliki. Bagi pemilik kendaraan plat nomor AD, berikut cara cek pajak kendaraan bermotor.

1. Melalui SMS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk cek pajak kendaraan dengan plat nomor AD adalah dengan melalui SMS. SMS tersebut dikirimkan ke nomor layanan Samsat. Adapun caranya seperti berikut:

  • Buka menu SMS di ponsel dan ketik SMS dengan format:

Info (spasi) nomor plat kendaraan (spasi) warna kendaraan

Contoh:

Info AD1234KW Merah

  • Kemudian, kirimkan SMS tersebut ke nomor 08112119211.
  • Setelah mengirimkan SMS tersebut, Anda bisa menunggu beberapa saat balasan SMS dari Samsat.

Dalam SMS balasan tersebut nantinya akan berisi informasi kode bayar, info kendaraan serta besaran nominal yang harus dibayar.

2. Melalui Aplikasi e-Samsat

Selain melalui SMS, Anda juga bisa cek pajak kendaraan dengan plat nomor AD melalui aplikasi e-Samsat. Anda bisa download aplikasi tersebut secara gratis di Play Store atau App Store. Berikut cara cek pajak kendaraan plat nomor AD melalui aplikasi e-Samsat.

  • Unduh dan install aplikasi e-Samsat di smartphone Anda
  • Kemudian, Anda bisa pilih wilayah kendaraan berada, misalnya Kabupaten Sragen.
  • Lalu, masukkan nomor plat kendaraan Anda, misalnya: AD1234KN
  • Tunggu beberapa saat, maka akan muncul tampilan informasi mengenai biaya dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.