Illustrasi Plat Nomor Wilayah Di Indonesia
Umum

Kode Huruf Belakang Plat Nomor DD dan Aturan Penggunaannya

Jika Anda sedang berada di wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan, Anda mungkin akan banyak menemukan kendaraan bermotor dengan plat nomor DD. Hal ini dikarenakan plat nomor DD merupakan kode wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan.

Ada beberapa kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan yang menggunakan plat nomor DD. Lalu kota atau kabupaten mana saja yang menggunakan plat nomor DD tersebut? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Plat Nomor DD

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang sangat luas. Oleh karena itu provinsi ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu selatan, utara, dan tengah.

Setiap bagian dari wilayah Sulawesi Selatan memiliki kode plat nomor yang berbeda. Misalnya saja plat nomor DD yang digunakan pada kendaraan yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan bagian Selatan.

Wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan ini meliputi Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Takalar, Kabupaten Selayar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Bantaeng. Semua kendaraan bermotor yang berasal dari kota dan kabupaten tersebut wajib menggunakan plat nomor DD dan memasangnya pada sisi depan dan sisi belakang kendaraan.

Kode Belakang Plat Nomor DD

P 27
Contoh plat nomor DD

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada 9 kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang menggunakan plat nomor DD. Semua kabupaten dan kota tersebut masuk dalam wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan.

Meskipun kota atau kabupaten tersebut menggunakan plat nomor DD, namun setiap kota atau kabupaten memiliki kode belakang yang berbeda. Kode belakang ini akan memudahkan untuk melakukan identifikasi kabupaten atau kota asal kendaraan bermotor tersebut 

Berikut ini daftar kode belakang plat nomor DD beserta kota atau kabupaten yang menggunakannya.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kota MakassarA/KDD 1234 KF
Kab. BulukumbaHDD 1234 HS
Kab. JenepontoGDD 1234 GC
Kab. Pangkajene KepulauanEDD 1234 ER
Kab. TakalarCDD 1234 CF
Kab. SelayarJDD 1234 JK
Kab. MarosDDD 1234 DS
Kab. GowaB/LDD 1234 BK
Kab. BantaengFDD 1234 FR

Aturan Penggunaan Plat Nomor DD

Dalam penggunaan plat nomor DD dan plat nomor lainnya tidak boleh dilakukan sembarangan, harus sesuai dengan peraturan yang ada. Plat nomor DD harus dipasang pada sisi depan dan sisi belakang kendaraan bermotor sesuai dengan tempat yang disediakan. 

Plat nomor DD berbentuk plat aluminium dan tulisannya dicetak dalam 2 baris. Pada baris pertama terdapat kode wilayah berupa huruf, nomor polisi yang berupa angka serta kode atau seri akhir kode kabupaten atau kota yang berupa huruf.

Kemudian, pada baris kedua plat nomor DD menunjukkan bulan serta tahun masa berlaku kendaraan tersebut. Selain itu, ada aturan lainnya terkait penggunaan warna pada plat nomor.

Pada peraturan yang terbaru, yaitu Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, ada empat jenis plat nomor kendaraan berdasarkan warnanya.

  • Plat nomor DD berwarna putih tulisan hitam digunakan untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional
  • Plat nomor DD warna kuning tulisan hitam digunakan untuk kendaraan umum dan komersial.
  • Plat nomor DD warna merah dan tulisan putih digunakan untuk kendaraan instansi pemerintah
  • Sementara plat nomor DD warna hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.

Tanya Jawab Terkait Plat Nomor DD

Bagaimana pembagian plat nomor DD berdasarkan warnanya?

Plat nomor DD digunakan untuk semua jenis kendaraan bermotor yang berasal dari Makassar dan sekitarnya. Dalam warna, plat nomor DD memiliki empat jenis warna yaitu warna putih tulisan hitam digunakan untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional.

Kemudian warna kuning tulisan hitam digunakan untuk kendaraan umum. Warna merah dan tulisan putih digunakan untuk kendaraan instansi pemerintah. Dan warna hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.

Kota atau Kabupaten mana saja yang menggunakan plat nomor DD?

Ada 9 kota dan kabupaten yang menggunakan plat nomor DD, yaitu Kota Makassar, Kab. Bulukumba, Kab. Jeneponto, Kab. Pangkajene Kepulauan, Kab. Takalar, Kab. Selayar, Kab. Maros, Kab. Gowa, dan Kab. Bantaeng.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.