Plat Nomor Mobil Perkotaan
Umum

Kode Huruf Belakang Plat Nomor DC dan Cara Pengecekannya

Setiap wilayah di Indonesia memiliki ciri khas plat nomor kendaraan yang berbeda. Begitu juga dengan wilayah di Sulawesi Barat. 

Setiap kendaraan bermotor baik itu motor maupun mobil di Sulawesi Barat menggunakan plat nomor DC. Plat nomor tersebut digunakan di beberapa kota dan kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Lalu kota atau kabupaten mana saja yang menggunakan plat nomor DC? Simak pembahasannya berikut ini.

Plat Nomor DC

Kendaraan bermotor wajib memiliki identitas. Identitas tersebut berupa plat nomor kendaraan, STNK, dan BPKB.

Adanya identitas kendaraan tersebut menjadi salah satu tanda bahwa kendaraan bermotor yang Anda miliki adalah legal dan telah diakui kepemilikannya. Pemerintah bersama dengan kepolisian membuat aturan terkait plat nomor kendaraan tersebut.

Salah satu aturan dari plat nomor kendaraan adalah penggunaan kode huruf dan angka di dalamnya. Dalam plat nomor terdiri dari tiga bagian.

Bagian depan merupakan kode wilayah yang terdiri dari satu atau dua huruf. Misalnya plat nomor DC yang merupakan kode wilayah Sulawesi Barat.

Kemudian diikuti rangkaian empat huruf yang merupakan nomor registrasi kendaraan bermotor dan dikeluarkan oleh Samsat. Terakhir, kode belakang berupa gabungan dua hingga tiga huruf yang memiliki arti kode kabupaten atau kota.

Kode Belakang Plat Nomor DC

P 28
Contoh plat nomor DC

Semua kendaraan bermotor baik itu mobil, motor, truk, bus, maupun yang lainnya yang berasal dari Sulawesi Barat wajib menggunakan plat nomor DC. Dengan penggunaan plat nomor tersebut, maka akan semakin mudah untuk mengidentifikasi wilayah asal kendaraan bermotor.

Selain menggunakan plat nomor DC, untuk mengetahui wilayah asal kendaraan yang lebih spesifik yaitu kota atau kabupaten asalnya, maka Anda bisa memperhatikan kode belakang plat nomor. Karena ada lima kabupaten yang menggunakan plat nomor DC, yaitu Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Majene, Kabupaten Polewali Mandar, dan juga Kabupaten Mamasa.

Dan setiap kabupaten memiliki kode belakang yang berbeda. Berikut ini daftarnya.

Kabupaten/ KotaKode BelakangContoh
Kab. MamujuADC 1234 AB
Kab. Mamuju UtaraEDC 1234 EK
Kab. MajeneBDC 1234 BR
Kab. Polewali MandarCDC 1234 CF
Kab. MamasaDDC 1234 DS

Cara Cek Plat Nomor DC

Pemilik kendaraan plat nomor DC maupun plat nomor lainnya di Indonesia tentu telah mengetahui bahwa kendaraan bermotor wajib dilakukan pembayaran pajak. Pembayaran pajak tersebut dilakukan setiap tahunnya.

Jika pemilik kendaraan tidak melakukan pembayaran pajak atau telat dalam melakukan pembayaran pajak maka akan dikenakan denda. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa cek terlebih dahulu informasi tentang kendaraan plat nomor DC yang Anda miliki.

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk cek plat nomor DC dan cek pajak kendaraan bermotor tersebut. Berikut ini ulasannya.

Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk cek plat nomor DC adalah dengan menggunakan aplikasi e-Samsat Nasional. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store dan App Store.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini untuk cek plat nomor DC, maka Anda bisa download melalui Play Store atau App Store. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan NIK, nomor ponsel, dan email yang masih aktif.

Setelah Anda berhasil membuat akun, Anda dapat cek plat nomor DC dengan memasukkan seluruh kode plat nomor Anda. Setelah itu, informasi tentang kendaraan Anda akan ditampilkan beserta jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Melalui Kantor Samsat

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk cek plat nomor DC adalah dengan mendatangi kantor Samsat sesuai dengan wilayah masing-masing. Namun, untuk datang ke kantor Samsat, pastikan Anda membawa dokumen lengkap seperti STNK asli dan fotokopi, e-KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, dan bukti PKB terakhir.

Dengan membawa dokumen lengkap tersebut maka Anda bisa dilayani untuk cek pajak dan pembayaran pajak plat nomor DC. Hanya saja, jika Anda memilih untuk datang ke kantor Samsat, maka Anda harus rela antri agar bisa dilayani.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.