Daftar Plat Nomor Wilayah
Umum

Kode Belakang Plat Nomor KB dan Cara Pembayaran Pajak di Wilayah Kalimantan Barat

Memasang plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) pada kendaraan, baik itu motor ataupun mobil menjadi suatu keharusan. Pasalnya, plat nomor menjadi identitas bagi kendaraan itu sendiri. Selain itu, juga menjadi bagian dari registrasi, identifikasi kendaraan, serta bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah.

Plat nomor ini biasanya dituliskan dengan kode huruf dan angka yang berbeda antara satu kendaraan dengan kendaraan yang lainnya. Di Indonesia, plat nomor kendaraan dibagi menjadi beberapa kode berdasarkan wilayahnya. Sehingga tak heran jika Anda pernah menjumpai kendaraan lain di jalanan dengan kode plat nomor yang beragam. Dari banyaknya kode plat nomor kendaraan yang ada di Indonesia, salah satunya ada plat nomor KB. 

Asal Wilayah Plat Nomor KB

P 35
Contoh plat nomor KB

Plat nomor akan memudahkan untuk identifikasi sebuah kendaraan, baik itu bagi pengguna jalan maupun petugas pengatur lalu lintas. Umumnya pemasangan plat nomor pada kendaraan diletakkan di bagian depan dan belakang motor atau mobil.

Plat nomor KB digunakan sebagai plat kendaraan untuk wilayah Kalimantan Barat. Penamaanya sendiri terbilang mudah diingat, mengingat kode “KB” menjadi singkatan dari Kalimantan Barat. Plat nomor KB digunakan untuk 14 kota maupun kabupaten yang ada di Kalimantan Barat, yaitu Kota Pontianak Kota Singkawang, Kabupaten Bengakayang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Landak, Kabupaten Melawi, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, dan juga Kabupaten Sintang.

Kode KB pada plat nomor kendaraan yang ada di Kalimantan Timur hanya digunakan pada kode bagian depannya. Baru nanti diikuti dengan angka 4 digit angka dan kode belakang berupa huruf. Sebagai contoh plat nomor kendaraan KB 1234 QR. Perlu diketahui, untuk kode belakang pada contoh tersebut, yakni “QR” menunjukkan lebih spesifik asal kendaraan tersebut, yakni kota Pontianak. Sedangkan “KB” mewakili wilayah atau provinsi dari mana kendaraan tersebut, yakni Kalimantan Barat. Maka dari itu, agar bisa mengetahui plat nomor KB, ketahui juga untuk kode belakangnya. 

Daftar Kode Belakang Plat Nomor KB

Ketika Anda melihat kendaraan dengan plat nomor KB, maka itu bisa dipastikan berasal dari wilayah Kalimantan Barat. Namun untuk lebih bisa mengetahui secara spesifik asal wilayahnya, perlu mengenali kode belakangnya. Kode belakang plat nomor kendaraan biasanya berupa dua huruf.  Berikut daftar kode huruf belakang plat nomor KB yang perlu Anda ketahui

Kota /Kabupaten Kode Belakang Contoh
Kota PontianakA/Q/S/WKB 1234 QR
Kota SingkawangCKB 1234 CE
Kabupaten BengakayangKKB 1234 KI
Kabupaten Kapuas HuluFKB 1234 FH
Kabupaten Kayong UtaraZKB 1234 ZA
Kabupaten KetapangGKB 1234 GR
Kabupaten Kubu RayaMKB 1234 MT
Kabupaten LandakLKB 1234 LV
Kabupaten MelawiHKB 1234 HI
Kabupaten MempawahBKB 1234 BX
Kabupaten SambasPKB 1234 PQ
Kabupaten SanggauDKB 1234 DS
Kabupaten SekadauVKB 1234 VB
Kabupaten SintangEKB 1234 EY

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Wilayah Kalimantan Barat (Plat Nomor KB)

Membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) menjadi kewajiban yang harus dipatuhi bagi Anda yang memiliki kendaraan, baik itu motor maupun mobil. PKB menjadi satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah yang cukup penting karena untuk membiayai pemerintahan daerah dan juga pembangunan daerah. 

Dengan membayar pajak, maka turut berperan serta dalam pembangunan maupun pemeliharaan jalan, serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum. Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah Kalimantan Barat dengan plat nomor KB, bisa dilakukan dengan dua pilihan, yaitu:

1. Secara Offline

Pilihan pertama yaitu secara offline atau dengan mendatangi kantor Samsat yang ada provinsi Kalimantan Barat. Ada beberapa kantor Samsat di Kalimantan Barat yang bisa Anda kunjungi sesuai kota atau kabupaten tempat kendaraan Anda terdaftar.

  • Samsat Kota Pontianak

Jl. Adi Sucipto No.50, Bangka Belitung Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78242.

  • Samsat Sanggau

Jl.Dewi Sartika No.1, Kel. Bunut, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat.

  • Samsat Mempawah

Jl. Daeng Manambo No. 8, Tengah, Mempawah Hilir, Tengah, Kec. Mempawah Hilir, Mempawah, Kalimantan Barat 78911

  • Samsat Ngabang

Jl. Raya Ngabang, Hilir Ktr., Kec. Ngabang, Kab. Landak, Kalimantan Barat 79357

  • Samsat Sintang

Jl. Dr. Wahidin, No. 05, Sintang, Manter, Kec. Sintang, Kab. Sintang, Kalimantan Barat 78611.

  • Samsat Singkawang

Jl. Ratu Sepudak, Sungai Bulan, Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79151.

  • Samsat Sungai Duri

Sungai Jaga A, Kec. Sungai Raya, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat 79271

  • Samsat Pemangkat

Harapan, Pemangkat, Kab. Sambas, Kalimantan Barat 79453.

  • Samsat Sambas

Jl. Bhakti, Durian, Kec. Sambas, Kab. Sambas, Kalimantan Barat 79462.

  • Samsat Siantan

Jl. Budi Utomo, Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

  • Samsat Melawi

Paal, Kec. Nanga Pinoh, Kab. Melawi, Kalimantan Barat 79672.

  • Samsat Ketapang

Jl. Urip Sumoharjo, Kantor, Kec. Delta Pawan, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat 78821.

  • Samsat Sungai Pinyuh

Sungai Pinyuh, Kec. Sungai Pinyuh, Kab. Mempawah, Kalimantan Barat 78353.

  • Samsat Kapuas Hulu

Putussibau Kota, Kec. Putussibau Utara, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 78752.

2. Secara Online

Jika Anda tak punya waktu lantaran banyak kesibukan sehingga tak sempat datang ke Samsat terdekat, maka bisa menggunakan cara online. Pemerintah provinsi Kalimantan Barat sudah meluncurkan aplikasi online yang bisa didapatkan melalui Play Store, yang dinamakan Samsat Kalbar. Aplikasi samsat yang dibuat oleh BAPENDA Kalimantan Barat ini untuk melakukan pengecekan maupun pembayaran pajak kendaraan bermotor wilayah Kalimantan Barat.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.