Plat Nomor Mobil Perkotaan
Umum

Kode Belakang Plat Nomor DL dan Cara Mengurusnya Bila Rusak atau Hilang

Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang berada di bagian ujung utara pulau Sulawesi. Di provinsi ini terbagi menjadi dua zona yaitu zona daratan dan zona kepulauan.

Kedua zona wilayah ini memiliki plat nomor kendaraan yang berbeda. Wilayah di Provinsi Sulawesi Utara bagian daratan menggunakan kode plat nomor DB. 

Sementara plat nomor DL digunakan untuk kendaraan bermotor yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara bagian kepulauan. Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan plat nomor DL, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Plat Nomor DL dan Kode Belakangnya

P 29
Contoh plat nomor DL

Anda mungkin pernah menemukan kendaraan bermotor yang memiliki plat nomor DL. Anda mungkin penasaran berasal dari mana kendaraan bermotor tersebut

Plat nomor DL merupakan kode wilayah dari Provinsi Sulawesi Utara bagian Kepulauan. Sehingga semua kendaraan bermotor yang berasal dari Sulawesi Utara bagian kepulauan menggunakan plat nomor DL.

Plat nomor DL merupakan sebuah identitas bagi kendaraan bermotor. Karena fungsinya yang vital tersebut, plat nomor DL wajib dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor.

Plat nomor DL digunakan di tiga kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Ketiga kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kode plat nomor DL terletak di bagian depan plat nomor, kemudian diikuti gabungan empat angka yang merupakan nomor registrasi kendaraan. Sedangkan pada bagian belakang plat nomor terdapat kode belakang yang merupakan kode kabupaten asal kendaraan bermotor tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui kode belakang plat nomor DL beserta dengan kabupaten asalnya, berikut ini daftar lengkapnya.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kab. Kepulauan SitaroCDL 1234 CR
Kab. Kepulauan TalaudBDL 1234 BG
Kab. Kepulauan SangiheADL 1234 AH

Cara Mengurus Plat Nomor DL yang Rusak atau Hilang

Plat nomor DL memiliki peranan yang penting bagi kendaraan bermotor. Jika kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan plat nomor, maka akan dikenakan sanksi tilang oleh polisi.

Lalu bagaimana jika plat nomor DL hilang atau rusak? Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkannya kembali dengan prosedur berikut ini.

Plat Nomor DL Rusak

Jika plat nomor DL mengalami kerusakan karena suatu hal, maka Anda bisa melakukan penggantian plat nomor di kantor Samsat sesuai dengan prosedur berikut ini.

  1. Anda bisa datang ke kantor SAMSAT di wilayah setempat
  2. Bawa bekas plat nomor DL yang rusak
  3. Selain itu, Anda juga perlu membawa beberapa syarat yang diperlukan yaitu KTP pemilik, STNK asli, BPKB asli, atau surat keterangan leasing jika masih di leasing
  4. Kendaraan bermotor Anda juga akan dilakukan cek fisik. Oleh karena itu, Anda juga perlu membawa serta kendaraan Anda.

Plat Nomor DL Hilang

Sementara jika plat nomor DL milik Anda hilang, Anda juga bisa mengurusnya dengan mengikuti prosedur berikut ini.

  1. Pertama, Anda perlu datang ke kantor SAMSAT di wilayah setempat
  2. Untuk mengurus plat nomor DL yang hilang, Anda perlu membawa surat kehilangan dari Polsek atau Polres di wilayah setempat
  3. Selain itu, Anda juga diminta untuk membawa persyaratan lainnya yaitu KTP pemilik, STNK asli, dan BPKB asli
  4. Jangan lupa juga untuk membawa serta kendaraan untuk dilakukan cek fisik.

Untuk penerbitan plat nomor DL yang hilang atau rusak dikenakan biaya penggantian. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016, besarnya biaya penggantian tersebut biaya tersebut adalah Rp 60 ribu untuk kendaraan beroda dua dan tiga, sedangkan untuk alat transportasi roda empat besarannya adalah Rp 100 ribu.

Tanya Jawab Seputar Plat Nomor DL

Berasal dari mana saja kendaraan bermotor yang menggunakan plat nomor DL?

Plat nomor DL digunakan pada kendaraan bermotor yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara bagian kepulauan. Ada tiga kabupaten di Sulawesi Utara yang menggunakan plat nomor DL, yaitu Kab. Kepulauan Sitaro, Kab. Kepulauan Talaud, dan Kab. Kepulauan Sangihe.

Bagaimana cara mengurus plat nomor DL yang hilang?

Anda perlu melakukan penggantian plat nomor DL yang hilang di Samsat wilayah setempat. Syarat yang diperlukan yaitu surat kehilangan dari Polsek atau Polres wilayah setempat, KTP pemilik, STNK asli, dan BPKB asli. Jangan lupa juga untuk membawa serta kendaraan bermotor Anda.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.