Plat Mobil Kuno
Umum

Kode Belakang Plat Nomor D dan Cara Bayar Pajaknya Secara Online

Plat nomor D dapat Anda jumpai dengan mudah saat Anda berada di Bandung. Benar saja, karena plat nomor D ini merupakan identitas kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Bandung dan sekitarnya.

Selain Bandung, ada juga beberapa kota dan kabupaten lainnya yang menggunakan kode plat nomor D. Untuk informasi lengkapnya, berikut ini pembahasan tentang plat nomor D dan kode belakangnya.

Plat Nomor D

Contoh plat nomor D
Contoh plat nomor D

Bandung merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Barat. Sama halnya dengan daerah lain, Bandung juga memiliki ciri khas plat nomor kendaraan sendiri.

Kendaraan bermotor yang berasal dari Bandung memiliki plat nomor D yang merupakan kode wilayah Bandung. Selain Bandung, ada beberapa kota atau kabupaten yang memiliki plat nomor D.

Ada empat kota dan kabupaten yang menggunakan plat nomor D, yaitu Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi.

Kode Belakang Plat Nomor D

Dikarenakan ada empat kota dan kabupaten yang menggunakan plat nomor D, maka untuk mengetahui asal kota atau kabupaten dari kendaraan bermotor adalah dengan memperhatikan kode belakang. Kode belakang yang dimaksud adalah gabungan dua atau tiga huruf yang berada di bagian belakang plat nomor kendaraan.

Daerah Kab. Bandung, Kota Bandung, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Cimahi memiliki kode belakang yang berbeda satu dengan yang lainnya meskipun sama-sama menggunakan plat nomor D.

Berikut daftar kode belakang yang ada di wilayah Bandung.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kab. BandungV/Y/ZD 1234 VK
Kota BandungA/B/C/D/E/F/G/H/I/J/K/L /M/N/O/P/RD 1234 HI
Kab. Bandung BaratU/W/XD 1234 SW
Kab. CimahiS/TD 1234 SR

Cara Membayar Pajak Kendaraan Plat Nomor D Secara Online

Samsat Jabar kini memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak secara online. Melalui aplikasi Sambara atau website Bapenda, pemilik kendaraan plat nomor D akan mendapatkan kode bayar.

Kode bayar tersebut nantinya digunakan untuk melakukan pembayaran melalui bank yang bekerja sama dengan Samsat Jawa Barat.

1. Melalui Aplikasi Sambara

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar bisa membayar pajak kendaraan plat nomor D secara online adalah dengan mendapatkan kode bayar. Kode bayar tersebut bisa Anda dapatkan salah satunya melalui aplikasi Sambara yang dirilis oleh e-Samsat Jawa Barat. 

Berikut ini cara mendapatkan kode bayar pajak melalui aplikasi Sambara.

  1. Anda bisa unduh aplikasi Sambara di Play Store
  2. Setelah berhasil diunduh dan dipasang di smartphone Anda, selanjutnya buka aplikasi tersebut
  3. Kemudian pada halaman aplikasi Sambara, Anda bisa pilih “Info PKB” lalu isikan Nomor Polisi Kendaraan, klik Cari, dan akan ditampilkan besaran pajak yang harus dibayarkan,
  4. Selanjutnya, Anda bisa klik “Lanjut Daftar Online”
  5. Lakukan pengisian No. KTP Pemilik kendaraan dan 5 digit terakhir No. Rangka Kendaraan (No. Rangka bisa dilihat di lembar STNK)
  6. Kemudian klik Proses dan Anda akan mendapatkan kode bayar pajak kendaraan plat nomor D.

2. Melalui Website Bapenda

Selain melalui aplikasi, kode bayar pajak kendaraan plat nomor D juga bisa Anda dapatkan melalui website Bapenda. Dengan menggunakan website ini maka Anda tidak perlu instal aplikasi tambahan.

Berikut ini cara mendapatkan kode bayar pajak kendaraan melalui website Bapenda.

  1. Buka situs berikut https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ dengan menggunakan browser
  2. Selanjutnya, isikan Nomor Polisi Kendaraan contohnya D 1234 SR, lalu klik Cari, dan akan ditampilkan besaran pajak yang harus dibayarkan,
  3. Kemudian, klik “Lanjut Daftar Online”
  4. Anda akan diminta untuk mengisi No. KTP Pemilik kendaraan dan 5 digit terakhir No. Rangka Kendaraan (No. Rangka bisa dilihat di lembar STNK),
  5. Selanjutnya klik “Proses” dan kode bayar pajak kendaraan plat nomor D akan ditampilkan.

Lalu bagaimana cara pembayarannya jika sudah memiliki kode bayar? Setelah Anda berhasil mendapatkan kode bayar tersebut, maka Anda bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan plat nomor D melalui ATM, mobile banking, dan internet banking.

Namun, tentunya tidak semua bank dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pajak tersebut. Ada tiga bank yang bekerja sama dengan Samsat Jawa Barat dan dapat digunakan untuk membayar pajak kendaraan secara online. Bank tersebut yaitu BJB, BCA, dan BNI.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.