Arti Plat Nomor Kendaraan Autobild
Umum

Kode Belakang Plat Nomor BH dan Cara Cek Pajaknya Secara Online

Pada saat menjumpai kendaraan dengan plat nomor BH dan masih sangat asing, tentunya akan bertanya-tanya asal daerah kendaraan tersebut. Jadi plat nomor kendaraan memang menjadi identitas untuk mengetahui asal kendaraan dan siapa pemiliknya. Lalu, untuk plat dengan kode BH sendiri berasal dari daerah mana? Berikut penjelasannya. 

Asal Wilayah Plat Nomor BH?

Menurut data dari Samsat diketahui jika kode BH ini adalah untuk wilayah provinsi Jambi. Artinya, setiap kendaraan yang platnya memakai kode BH berasal dari provinsi Jambi. 

Provinsi Jambi sendiri memiliki 11 kota atau kabupaten yang masing-masing memiliki kode belakang berbeda untuk plat nomor BH. Kota dan Kabupaten tersebut yaitu Kota Jambi, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Jabung Timur, Kabupaten Jabung Barat, Kabupaten Tebo, Kabupaten Merangin, dan juga Kabupaten Muaro Jambi.

Jadi, plat kendaraan akan memiliki kode BH diikuti oleh kode belakang sesuai dengan asal kabupaten atau kota kendaraan tersebut. Baik kode depan maupun kode belakang wajib ada, sebagai identitas lengkap suatu kendaraan. 

Kode Belakang Plat Kode BH dan Contohnya 

P 30
Contoh plat nomor BH

Berikut adalah beberapa kode belakang untuk plat nomor BH yang mengikuti jumlah seluruh kota dan kabupaten di provinsi Jambi: 

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh Plat 
Kota JambiA/M/ L / N / Q / YBH 1234 AL
Kabupaten KerinciDBH 1234 DF
Kota Sungai PenuhRBH 1234 RC
Kabupaten BatanghariBBH 1234 BI
Kabupaten BungoK / UBH 1234 UT
Kabupaten SarolangunSBH 1234 SC
Kabupaten Jabung TimurTBH 1234 TV
Kabupaten Jabung BaratEBH 1234 EI
Kabupaten TeboC / WBH 1234 CN
Kabupaten MeranginF / PBH 1234 FK
Kabupaten Muaro Jambi G/H/ZBH 1234 GP

Cara Cek Pajak Kendaraan Plat Nomor BH 

Membahas mengenai plat nomor BH kemudian perlu mengetahui juga cara melakukan pengecekan. Lebih tepatnya untuk mengecek riwayat pajak kendaraan maupun identitas pemiliknya. Terdapat dua metode untuk melakukan pengecekan, yaitu: 

1. Melalui Website 

Cara atau metode yang pertama adalah melalui website, yakni pada laman http://jambisamsat.net/infopkb. Selanjutnya tinggal memilih menu kode BH yang tersedia di halaman utama dan lengkapi dengan seluruh kode plat. Website akan menampilkan hasil pencarian plat kendaraan tersebut. 

2. Melalui Aplikasi Jambi Cek Pajak Kendaraan

Cara yang kedua adalah melalui aplikasi, yakni Aplikasi Jambi Cek Pajak Kendaraan. Silahkan menginstal aplikasi ini di smartphone, kemudian masukan kode belakang kendaraan yang dimiliki. Aplikasi akan menampilkan informasi kendaraan tersebut.  

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.