Plat Nomor Mobil Sport
Umum

Info Plat Nomor G dan Kode Belakangnya

Plat nomor G dapat dijadikan sebagai suatu identitas bagi kendaraan bermotor. Plat nomor G digunakan untuk kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Pekalongan, Jawa Tengah.

Namun, tak hanya Pekalongan saja yang menggunakan plat nomor G. Kabupaten atau kota di sekitarnya juga menggunakan kode G di depan plat nomor kendaraan bermotor.

Yang membedakan kendaraan yang berasal dari Pekalongan atau daerah di sekitarnya adalah kode belakang di plat nomor tersebut yang berupa gabungan dua atau tiga huruf. Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang plat nomor kendaraan G dan kode belakangnya.

Plat Nomor G

Yellow Car Plate Automotive Business Card
Contoh plat nomor G

Setiap kendaraan bermotor wajib memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau yang biasa disebut sebagai plat nomor kendaraan. Plat nomor tersebut dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor.

Plat nomor kendaraan tersebut memiliki fungsi sebagai identitas dari kendaraan bermotor. Plat nomor juga kerap digunakan untuk mengetahui asal kendaraan bermotor.

Seperti halnya kendaraan dengan plat nomor G merupakan kendaraan yang berasal dari wilayah Pekalongan. Selain Pekalongan, ada beberapa kota atau kabupaten di sekitarnya yang juga menggunakan plat nomor G.

Beberapa kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor G adalah  Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Batang.

Kode Belakang Plat Nomor G

Plat nomor G digunakan di tujuh kota atau kabupaten di Jawa Tengah. Kota dan kabupaten tersebut termasuk ke dalam wilayah eks Karesidenan Pekalongan.

Meskipun memiliki plat nomor G yang sama, namun setiap kabupaten atau kota tersebut juga memiliki kode belakang plat nomor yang berbeda. Kode belakang pada plat nomor digunakan untuk mengetahui kota atau kabupaten asal dari kendaraan bermotor.

Berikut daftar kode belakang dari plat nomor G.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kab Pekalongan*B/*K/*O/*TG 1234 KT
Kota Pekalongan*A/*H/*SG 1234 RS
Kab Pemalang*D/*I/*M/*WG 1234 LM
Kab Brebes*G/*J/*R/*UG 1234 KR
Kota Tegal*E/*N/*YG 1234 KY
Kab Tegal*F/*P/*Q/*ZG 1234 RP
Kab Batang*C/*L/*V/*XG 1234 LV

Daftar Alamat Samsat di Wilayah Pekalongan

Pemilik kendaraan dengan plat nomor G dan yang lainnya setiap tahunnya diwajibkan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak tersebut dapat dilakukan di kantor Samsat yang berada di setiap kota atau kabupaten.

Berikut daftar beberapa kantor Samsat yang ada di wilayah Pekalongan.

1. Kabupaten Pekalongan

Alamat kantor Samsat di Kabupaten Pekalongan yaitu di Jl. Raya Karanganyar, Kebonsari, Karangsari, Kec. Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah 51182.

2. Kota Pekalongan

Sementara alamat kantor Samsat Kota Pekalongan berada di Jl. Gajah Mada Bar. No.125, Tirto, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51118.

3. Kabupaten Pemalang

Jika Anda berdomisili di Kabupaten Pemalang, Anda bisa menemukan lokasi kantor Samsat di Jl. Pemuda No.49, Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52313.

4. Kabupaten Brebes

Lokasi kantor Samsat Kabupaten Brebes yaitu Jl. Gajah Mada No.60, Pecolotan, Gandasuli, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52215.

5. Kota Tegal

Alamat kantor Samsat Kota Tegal berada di Debong Lor, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah 52133.

6. Kabupaten Tegal

Lokasi kantor Samsat Kabupaten Tegal yaitu di Jl. Cut Nyak Dien, Griya Praja Mukti, Kalisapu, Kec. Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 52416.

7. Kabupaten Batang

Di Kabupaten Batang, Anda dapat menemukan kantor Samsat di alamat Jl. Urip Sumoharjo, Sambong Pos, Sambong, Kec. Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51216.

Tanya Jawab Tentang Plat Nomor G

  1. Plat nomor kendaraan G berasal dari wilayah mana?

Plat nomor G merupakan identitas bagi kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Pekalongan, meliputi Kab Pekalongan, Kota Pekalongan, Kab Pemalang, Kab Brebes, Kota Tegal, Kab Tegal, dan Kab Batang.

  1. Kantor Samsat yang ada di setiap kabupaten atau kota digunakan untuk apa?

Di setiap kabupaten atau kota terdapat kantor Samsat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Kantor pelayanan ini memiliki fungsi untuk menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor, melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, dan menerima Pembayaran SWDKLLAJ.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.