Plat Nomor Mobil Sport
Umum

Info Plat Nomor DE dan Bahayanya Bila Tidak Mengurus Saat Hilang

Setiap kendaraan di Indonesia, bahkan di berbagai negara di dunia memiliki plat nomor sebagai bukti kendaraan terdaftar dan resmi. Setiap negara memiliki aturan dalam menerbitkan plat nomor kendaraan, hal ini juga berlaku di Indonesia. Salah satunya penentuan kode plat, dimana kode ini punya arti khusus. Tidak terkecuali untuk plat nomor DE. 

Informasi Plat Nomor DE 

P 21
Contoh plat nomor DE

Indonesia memiliki aturan khusus untuk mengatur pemberian identitas kendaraan di tanah air, salah satunya terkait penerbitan plat nomor kendaraan oleh pihak kepolisian yang disebut sebagai Samsat. Samsat ini yang bertugas menerbitkan plat nomor baik pada kendaraan baru maupun kendaraan lama yang platnya hilang dan atau rusak. 

Samsat juga yang berhak mengatur kode di dalam plat nomor untuk melengkapi identitas sebuah kendaraan. Maka di dalam plat ini ada kode-kode khusus yang memiliki arti tersendiri. Pertama adalah kode depan, contohnya plat nomor DE yang diketahui merupakan kode untuk daerah provinsi Maluku. 

Jadi dengan informasi ini maka bisa diketahui bahwa seluruh kendaraan yang kode pertamanya dimulai dari DE. Maka dipastikan kendaraan tersebut berasal dari Maluku dan besar kemungkinan pemiliknya juga adalah orang Maluku. Daerah Maluku kemudian memiliki beberapa kota dan kabupaten. 

Asal kabupaten suatu kendaraan kemudian ditunjukan dengan kode belakang di dalam plat nomor kendaraan. Kode belakang ini juga terdiri dari huruf, baik satu maupun dua dan tiga huruf dengan arti khusus. Kode huruf pertama adalah asal kabupaten kendaraan dan kode kedua adalah jenis kendaraan. 

Kode Belakang dan Contoh Plat Nomor DE 

Provinsi Maluku diketahui memiliki sebelas kota dan kabupaten, praktis kode belakang plat nomor DE juga ada sebelas jenis. Sehingga setiap kendaraan bisa diketahui kota dan kabupaten asal di Provinsi Maluku tersebut. Berikut adalah jenis kode belakang dan contoh plat kode DE: 

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh
Kota AmbonADE 1234 AS
Kota TualTDE 1234 TR
Kab. BuruDDE 1234 DT
Kab. Buru SelatanFDE 1234 FT
Kab. Kepulauan AruNDE 1234 NH
Kab. Maluku Barat DayaKDE 1234 KL
Kab. Maluku TengahBDE 1234 BN
Kab. Maluku TenggaraEDE 1234 EP
Kab. Maluku Tenggara BaratJDE 1234 JK
Kab. Seram Bagian Barat ODE 1234 OP
Kab. Seram Bagian Timur LDE 1234 LG

Bahaya Jika Kendaraan Plat Nomor DE Hilang 

Plat nomor DE dan kode lainnya adalah identitas kendaraan yang membuktikan jika kendaraan tersebut resmi. Plat nomor kemudian wajib diterima dari Samsat, jika kendaraan baru biasanya akan diterima konsumen dari pihak dealer. Jika hilang atau rusak, maka wajib mengurusnya di Samsat setempat juga jangan di pinggir jalan meskipun lebih murah. 

Plat nomor kemudian wajib dipasang di depan dan belakang kendaraan. Kemudian jika hilang salah satu atau semuanya wajib segera diurus ke Samsat. Kenapa? Sebab plat nomor kendaraan yang  hilang memunculkan beberapa resiko, seperti: 

1. Plat Digunakan pada Kendaraan Curian 

Plat nomor yang hilang bisa karena jatuh di jalan dan bisa juga karena sengaja dicuri orang tidak bertanggung jawab. Apakah plat nomor ini laku hingga harus dicuri? Bisa jadi plat nomor ini dipasang pada kendaraan curian, sehingga yang awalnya tidak bisa dipakai di jalan raya menjadi bisa. 

Bagaimana jika dipakai melakukan tindak kejahatan? Pemilik plat yang asli tentu bisa menjadi tersangka dan harus melakukan pembelaan di meja hijau. 

2. Terkena Tilang dari Petugas 

Resiko kedua jika plat nomor DE hilang dan pemilik diam saja adalah terkena tilang dari petugas lalu lintas. Razia kendaraan dilakukan secara acak, jangan sampai terkena tilang hanya karena plat nomor yang hilang dan malas diurus ke Samsat terdekat. 

3. Pemilik Salah Naik Kendaraan 

Resiko terakhir adalah pemilik kendaraan alah naik kendaraan. Jadi, pabrik kendaraan baik motor ataupun mobil bisa memproduksi satu tipe dengan karakter sama. Mulai dari warna sampai detail lain, yang beda hanya nomor rangka dan mesin. 

Bayangkan di tengah lautan kendaraan di area parkir dan mendapati kendaraan sama persis. Tanpa plat yang menjadikan kendaraan unik, resiko naik kendaraan orang lain cukup tinggi.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.