Plat Nomor Mobil Perkotaan
Umum

Info Plat Nomor BD dan Cara Mengeceknya Lewat Handphone 

Pada saat mengamati lalu lintas, pernahkah menjumpai kendaraan dengan plat nomor BD? Jika iya dan kemudian merasa asing dengan kode BD tersebut tentunya akan bertanya-tanya kode ini asalnya dari daerah mana? Pengecekan plat nomor kini memang lebih mudah, sebab bisa dilakukan secara online. Berikut informasi lengkapnya terkait plat nomor dengan kode BD dan cara pengecekannya. 

Darimana Asal Plat Nomor BD?

Bicara mengenai plat nomor kendaraan maka bisa jadi akan menjumpai plat nomor BD, kira-kira plat dengan kode ini asalnya dari mana? Ternyata plat nomor dengan kode BD ini merupakan kode untuk daerah Bengkulu dimana provinsi ini terletak di Pulau Sumatera. Terdapat 10 daerah  yang masuk dalam wilayah Bengkulu dan menggunakan plat nomor BD. 

Daerah tersebut yaitu Bengkulu Kota, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Kaur, Kabupaten Muko-MukoKabupaten Lebong, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Rejang Lebong.

Arti Kode pada Plat Nomor BD

Contoh Plat nomor BD
Contoh plat nomor BD

Plat kendaraan umumnya memiliki kode-kode unik begitupun dengan plat nomor BD. Kode tersebut juga punya makna sendiri. Jadi, sesuai dengan aturan pemerintah seluruh kendaraan di Indonesia wajib memiliki nomor polisi yang dicetak ke plat nomor kendaraan. 

Plat nomor BD terdiri dari kode depan, angka di bagian tengah, dan kode di belakang. Kode depan dan kode belakang biasanya dalam bentuk huruf kapital dan menunjukan asal kota atau kabupaten kendaraan tersebut. Wilayah Bengkulu membagi beberapa daerah dengan kode belakang yang berbeda-beda. 

Pengaturan pembagian kode ini dilakukan dengan baik untuk mencegah terjadinya pemberian nomor ganda pada kendaraan berbeda. Selain itu, fungsi utama dari plat nomor dengan kode yang berbeda tersebut adalah sebagai identitas dari kendaraan tersebut. Sehingga bisa diketahui asal daerah dan wilayahnya, tahun produksinya, pemiliknya, dan riwayat pajaknya. 

Kode Belakang Plat BD dan Contohnya 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kode belakang pada plat nomor BD menunjukan asal kota atau kabupaten kendaraan tersebut. Kode belakang pada plat kendaraan BD terdiri dari 2 huruf maupun 3 huruf. Kode huruf pertama menunjukan asal kota atau kabupaten, sedangkan kode huruf kedua menunjukan jenis kendaraan. 

Mayoritas kendaraan dengan plat nomor BD masih menggunakan kode belakang 2 huruf. Sebab sesuai aturan terbaru, kode belakang yang terdiri dari tiga huruf hanya ditujukan kepada kendaraan roda empat atau lebih. Sehingga kode tersebut masih terbatas dan baru dimiliki oleh kendaraan keluaran terbaru, itupun seperti mobil dan truk bukan motor. 

Berikut daftar kode belakang plat nomor BD dan contohnya

Kota (Kabupaten) Kode Belakang Contoh Plat 
Bengkulu KotaA/C/E/LBD 1234 AAP
Kabupaten Bengkulu UtaraD/SBD 1234 DF
Kabupaten Bengkulu SelatanB/MBD 1234 BV
Kabupaten Bengkulu TengahBD 1234 YZ
Kabupaten KepahiangBD 1234 GN
Kabupaten KaurWBD 1234 WJP
Kabupaten Muko-MukoNBD 1234 NB
Kabupaten LebongBD 1234 HY
Kabupaten SelumaPBD 1234 PK
Kabupaten Rejang LebongKBD 1234 KQ

Jadi, untuk mengetahui detail asal kota dari kendaraan yang plat nomornya memiliki kode BD adalah seperti contoh BD 1234 AAP. Berikut detail informasinya: 

  • Kode BD: Menunjukkan mobil tersebut berasal dari wilayah Bengkulu 
  • Kode 1234: Merupakan nomor pendaftaran kendaraan
  • Kode AAP: Huruf AA menunjukkan bahwa mobil tersebut berasal dari Kota Bengkulu, huruf A yang kedua menunjukkan bahwa mobil tersebut berjenis sedan. 

Bagaimana cara mengecek plat nomor BD pada sebuah kendaraan? 

Jadi, pengecekan plat nomor BD bisa dilakukan  lewat ponsel, yakni memakai layanan USSD Code dengan cara mengirimkan SMS ke nomor yang ditetapkan Samsat kota Bengkulu. 

Caranya dengan melakukan panggilan dengan menekan kode *368*1# lalu klik tombol dial. Kemudian pilih nomor 2. Polda Sumut, selanjutnya Anda bisa pilih apa yang ingin Anda cek.  Selain itu bisa juga dengan menggunakan SMS ke nomor 8893. 

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.