Daftar Plat Nomor Wilayah
Transportasi

Info Plat Nomor AA : Magelang, Kebumen, Purworejo, Temanggung, Wonosobo

Plat nomor merupakan salah satu identitas dari kendaraan. Plat nomor wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor selain STNK dan BPKB.

Plat nomor diberikan oleh pihak kepolisian untuk mengidentifikasi kepemilikan kendaraan bermotor. Plat nomor kendaraan masing-masing daerah tentu berbeda.

Daerah karesidenan Kedu yang meliputi Kabupaten Kebumen, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan juga Kabupaten Purworejo memiliki plat nomor AA. Setiap daerah di Karesidenan Kedu tersebut juga memiliki ciri khas plat nomor kendaraan sendiri.

Kode belakang yang ada pada plat nomor juga menjadi salah satu cara mengidentifikasi dari kota atau kabupaten mana kendaraan tersebut. Untuk lebih mudahnya dalam memahami plat nomor AA dan kode belakangnya, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Plat Nomor AA dan Daftar Kode Belakangnya

P 40
Contoh plat nomor AA

Pada plat nomor kendaraan, terdapat gabungan huruf dan angka. Gabungan huruf dan angka tersebut memiliki makna tersendiri.

Kode huruf depan yang terdapat pada plat nomor menunjukkan asal wilayah kendaraan, sedangkan kode huruf bagian belakang menunjukkan Kota atau Kabupaten asal kendaraan tersebut. Plat nomor AA mencakup beberapa daerah di Karesidenan Kedu, berikut ini daftar wilayahnya beserta kode belakangnya.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kabupaten Magelang*B/*G/*K/*O/*TAA 1234 VT
Kota Magelang*A/*H/S*/*UAA 1234 BA
Kabupaten Temanggung*E/*N/*YAA 1234 FE
Kabupaten Kebumen*D/*J/*M/*WAA 1234 RJ
Kabupaten Wonosobo*F/*P/*ZAA 1234 RZ
Kabupaten Purworejo*C/*L/*V/*QAA 1234 KV

Alamat Samsat di Karesidenan Kedu (Plat Nomor AA)

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib untuk melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Besarnya pajak yang dibayarkan bergantung pada jenis kendaraan yang Anda miliki.

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, Anda bisa melakukan pembayarannya melalui Samsat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Di masing-masing daerah juga telah terdapat layanan Samsat online yang semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan atau keperluan lainnya.

Jika Anda mencari alamat Samsat di Karesidenan Kedu yang meliputi wilayah Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purworejo, Anda bisa menyimaknya dalam daftar berikut ini.

1. Kabupaten Magelang

Lokasinya berada di Jl. Soekarno Hatta, Ngentak, Bumirejo, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56512.

2. Kota Magelang

Lokasi Samsat Kota Magelang berada di Jl. Jend. Sudirman No.42, Magersari, Kec. Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 59214

3. Kabupaten Temanggung

Lokasinya berada di Cekelan, Madureso, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56229.

4. Kabupaten Kebumen

Di Kabupaten Kebumen, Anda bisa menemukan lokasi Samsat di Jl. Tentara Pelajar No.54, Panggel, Panjer, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54312.

5. Kabupaten Wonosobo

Lokasinya berada di Wonosobo Timur, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311

6. Kabupaten Purworejo

Sementara di Kabupaten Purworejo, lokasi Samsat berada di Jl. Jenderal Sudirman No.17, Krajan, Pangenjurutengah, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54114.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Plat Nomor AA Secara Online

Selain mendatangi langsung kantor Samsat di daerah masing-masing, Anda juga membayar pajak kendaraan plat nomor AA secara online. Caranya lewat aplikasi Signal atau Samsat Digital Nasional. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri.

Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan plat nomor AA secara online.

  1. Download aplikasi Signal melalui Play Store atau App Store.
  2. Setelah itu Anda bisa buka aplikasi Signal tersebut
  3. Kemudian, klik ikon foto produk untuk mulai daftar akun
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan data identitas diri seperti NIK KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat email aktif, dan nomor ponsel aktif
  5. Selanjutnya, buat kata sandi untuk akun Signal Anda
  6. Anda akan diminta untuk verifikasi KTP dan wajah dengan cara foto KTP dan foto selfie.
  7. Kemudian, aplikasi Signal akan mengirim pesan yang berisi kode OTP ke nomor ponsel Anda yang terdaftar. Masukkan kode OTP yang Anda terima.
  8. Lakukan verifikasi ulang akun Signal dengan klik tautan yang dikirimkan ke e-mail. 
  9. Setelah itu, Anda perlu juga untuk mendaftarkan kendaraan dengan plat nomor AA yang Anda miliki.
  10. Jika proses pendaftaran akun dinyatakan selesai, maka Anda bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan plat nomor AA secara online
  11. Anda bisa memilih bank yang akan Anda gunakan sebagai pembayaran pajak kendaraan, seperti bank BNI, Mandiri, BRI, BTN, dan beberapa bank milik pemerintah daerah antara lain, seperti bank DKI, BJB, atau JATIM.
Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.