Plat Nomor Mobil Sport
Umum

Info Kode Plat Z: Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Sumedang, Pangandaran dan Garut

Plat nomor Z akan Anda jumpai dengan mudah di daerah Tasikmalaya. Pasalnya plat nomor Z ini digunakan pada kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Jawa Barat bagian timur.

Tentunya tak hanya Tasikmalaya saja yang menggunakan plat nomor Z. Ada kabupaten atau kota lainnya yang juga menggunakan plat nomor Z.

Lalu kabupaten atau kota mana saja yang menggunakan plat nomor Z? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Plat Nomor Z

Di Tasikmalaya maupun daerah di sekitarnya, memiliki kode plat nomor Z. Kode plat nomor tersebut memiliki arti bahwa kendaraan bermotor yang menggunakan plat nomor Z adalah kendaraan yang berasal dari eks Karesidenan Priangan Timur.

Wilayah eks Karesidenan Priangan Timur tersebut meliputi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Pangandaran, dan juga Kabupaten Garut. Kota atau kabupaten yang berjumlah tujuh tersebut menggunakan plat nomor Z sebagai identitas kendaraan yang berasal dari wilayah tersebut.

Kode Belakang Plat Nomor Z

Contoh plat nomor Z
Contoh plat nomor Z

Total ada tujuh kabupaten dan kota yang menggunakan plat nomor Z. Namun, setiap kota atau kabupaten tersebut memiliki kode belakang tersendiri dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi asal kabupaten atau kota kendaraan yang menggunakan plat nomor Z, Anda bisa simak daftar kode belakangnya berikut ini.

Kabupaten/ KotaKode BelakangContoh
Kota TasikmalayaH*/I*/J*Z 1234 JK
Kab. TasikmalayaK*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*Z 1234 PR
Kota BanjarX*/Y*/Z*Z 1234 ZK
Kab. CiamisT*/U*/V*Z 1234 UK
Kab. SumedangA*/B*/C*Z 1234 AR
Kab. PangandaranW*Z 1234 WS
Kab. GarutD*/E*/F*/G*Z 1234 FK

Aturan Pemasangan Plat Nomor Z

Plat nomor memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan bermotor. Plat nomor merupakan identitas kendaraan yang wajib dipasang di kendaraan tersebut.

Dalam memasang plat nomor Z pun, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada aturan penting terkait pemasangan plat nomor tersebut.

Pemilik kendaraan bermotor harus memahami dengan betul aturan terkait plat motor. Karena jika tidak mematuhi aturan tersebut, maka bisa jadi Anda akan dikenai sanksi tilang oleh polisi.

Agar Anda terhindar dari sanksi tilang tersebut, berikut beberapa aturan terkait plat nomor Z yang harus Anda patuhi.

1. Posisi Pemasangan

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, plat nomor Z harus dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Dan jika Anda ingin memindah tempat plat nomor tersebut, maka pastikan posisinya tidak jauh berpindah dari posisi aslinya agar tetap terlihat.

2. Pemasangan Lampu

Plat nomor Z yang diletakkan di bagian belakang kendaraan harus dilengkapi dengan lampu. Lampu tersebut berwarna putih. Tujuan adanya lampu tersebut adalah agar plat nomor Z bisa dibaca dari jarak 50 meter.

3. Terdapat Logo Lantas

Dalam plat nomor Z terdapat logo Polantas dan Korlantas. Logo tersebut terletak di sudut kanan bawah dan kiri atas.

Adanya logo tersebut merupakan tanda bahwa plat nomor Z yang digunakan di kendaraan Anda adalah asli.

4. Larangan Modifikasi

Modifikasi plat nomor adalah salah satu hal yang dilarang. Modifikasi yang dimaksud adalah mengubah font tulisan.

Baik itu mengubah menjadi font tulisan digital, font yang menyerupai nama atau yang jenis font yang lainnya. Untuk lebih amannya, maka sebaiknya gunakan plat nomor Z yang dikeluarkan oleh Satlantas.

Tanya Jawab Terkait Plat Nomor Z

  1. Daerah mana saja yang menggunakan plat nomor Z?

Plat nomor Z digunakan pada kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah eks Karesidenan Priangan Timur. Kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor Z yaitu Kota Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya, Kota Banjar, Kab. Ciamis, Kab. Sumedang, Kab. Pangandaran, Kab. Garut.

  1. Bagaimana aturan pemasangan plat nomor Z?

Plat nomor Z dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Plat motor bagian belakanh dilengkapi juga dengan lampu agar dapat terbaca dari jarak 50 meter. Selain itu, sebaiknya hindari melakukan modifikasi huruf dari plat nomor Z yang Anda miliki.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.