FJB 2019, Bukti Komitmen Bango Lestarikan Kuliner Indonesia

204 views

Jakarta, wartaindustri.com – Industri makanan yang dimiliki oleh Indonesia cukup besar. Di balik tradisi yang dimiliki oleh setiap daerah, kuliner mengikuti adat dan kehiasaan masyarakat lokal dalam mengembangkan setiap kuliner yang menjadi adat hingga turun temurun bagi sebagian orang.

Terkait kuliner Nusantara, Kecap Bango yang merupakan produksi dari PT Unilever Indonesia TBK, kembali menyelenggarakan Festival Jajanan Bango (FJB) 2019, dimana dari tahun ke tahun kuliner yang dihimpun oleh Kecap Bango terus bertambah. Di tahun 2019 ini, sekitar 80 lebih hadir untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta.

Dengan menganut pelestarian kelezatan nusantara, Festival Jajajan Bango (FJB) telah memasuki usinya yang ke 14 tahun, kembali menggelar FJB 2019 pada tanggal 16 – 17 Maret 2019, lalu bertempat di di Area Parkir Squash, Gelora Bung Karno Senayan dengan mengusung tema “Kelezatan Asli, Lintas Generasi” dengan menyajikan kelezatan asli dari seluruh Indonesia dan misi mulia mendorong para penjaja kuliner terus melanjutkan regenerasi pelestarian kuliner Indonesia.

Foods DirectorPT Unilever Indonesia Tbk.Hernie Raharja, berujar Bango mempunyai misi sosial untuk melestarikan dan memajukan kuliner Indonesia, dengan cara membantu mempopulerkan dan menyejahterakan penjaja makanan tradisional dan auntentik Indonesia, salah satunya lewat pelaksanaan Festival Jajanan Bango (FJB).

“Tahun ini, FJB 2019 kami gelar untuk mengedepankan pentingnya eksistensi dan peranan para penjaja kuliner lintas generasi agar #KelezatanAsli kuliner Indonesia dapat terus diapresiasi dan dinikmati hingga nanti. Di antara lebih dari 80 penjaja kuliner yang kami persembahkan untuk menyajikan aneka ragam kuliner autenik Nusantara, kami mendedikasikan sebuah area khusus bagi 10 penjaja kuliner lintas generasi yang telah membuktikan tekadnya untuk melanjutkan regenerasi pelestarian kuliner asli Indonesia,” ujarnya, di Gelora Bung Karno, Jakarta (16/3).

Jika dilihat dari tampilan yang dipersembahkan oleh Bango, sejumlah venue menggambarkan bagaimana kehadiran FJB 2019 kali ini, memberi kesegaran yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti halnya yang diutarakan oleh Hernie, FJB 2019 secara keseluruhan dihadirkan dalam tampilan dan suasana yang lebih segar dan interaktif agar dapat lebih dinikmati oleh seluruh pengunjung, terutama generasi muda.

“Kami sangat bangga bahwa ternyata pecinta kuliner Indonesia juga turut beregenerasi. Di tengah kuliner internasional yang semakin bermunculan di sekitar kita, ternyata animo dari generasi muda untuk mencari kelezatan asli khas Indonesia kini semakin tinggi,” lanjut Hernie.

Salah satu highlight dari FJB 2019 adalah Galeri #KelezatanAsli Lintas Generasi. Di galeri ini para pencinta kuliner bisa mendapatkan pengetahuan luas mengenai #KelezatanAsli kuliner Indonesia dan pentingnya regenerasi penjaja kuliner agar makanan Indonesia bisa terus dinikmati lintas generasi melalui berbagai instalasi dan aktivitas yang interaktif.

Bango juga selalu bermitra dengan berbagai pihak, termasuk dengan pemerintah sebagai bentuk kolaborasi dalam memajukan pamor kuliner lokal di tingkat nasional maupun dunia. Kali ini, FJB 2019 mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesiakarena sejalan dengan program pemerintah untuk memfasilitasi upaya promosi para penjaja kuliner Indonesia sebagai bagian dari pelaku Usaha Kecil Menengah. Melalui promosi penjaja kuliner secara masif seperti di FJB 2019, maka pertumbuhan industri kuliner dipercaya akan menjadi lebih pesat, karena penjaja kuliner memegang peranan penting dalam menopang kemajuan industri ini.

Dukungan lainnya juga kembali diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Sebagai pionir festival kuliner Nusantara, FJB dipandang mampu memaksimalkan kiprah dan peran serta para penjaja kuliner asli Indonesia dalam mendorong kemajuan industri pariwisata Tanah Air. Tidak hanya untuk mempromosikan kekayaan warisan kuliner Nusantara, di saat yang bersamaan FJB juga berperan nyata dalam mendorong agar kelezatan asli kuliner Indonesia terus lestari dan dicintai dari generasi ke generasi.