Plat Mobil Kuno
Umum

Daftar Kode Huruf Belakang Plat Nomor B dan Jalan Rawan Razia di Jakarta

Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita menaati peraturan yang berlaku di Indonesia. Termasuk juga peraturan terkait pemasangan plat nomor.

Pemasangan plat nomor yang benar adalah di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Berlaku juga aturan yang sama untuk plat nomor B.

Plat nomor B merupakan kode wilayah kendaraan yang berasal dari DKI Jakarta. Dan ada juga wilayah sekitar DKI Jakarta yang menggunakan plat nomor B tersebut.

Lalu daerah mana saja yang menggunakan plat nomor B? Simak informasinya berikut ini.

Plat Nomor B

Kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah DKI Jakarta wajib memasang plat nomor B. Plat nomor B, umumnya memiliki nomor seri yang tersusun dari huruf dan angka.

Masing-masing huruf dan angka yang terdapat dalam plat nomor B tersebut memiliki makna tersendiri. Misalnya kode huruf B di bagian depan plat nomor berarti kendaraan tersebut berasal dari wilayah DKI Jakarta yang meliputi Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, Kabupten Bekasi, dan Kota Depok.

Kode Huruf Belakang Plat Nomor B

P 3
Contoh plat nomor B

Sebanyak 11 kota dan kabupaten di wilayah DKI Jakarta menggunakan plat nomor B. Meskipun menggunakan plat nomor yang sama, namun setiap kabupaten dan kota tersebut memiliki kode belakang plat nomor yang berbeda.

Berikut daftar kode hurup belakang plat nomor B.

Kota/KabupatenKode BelakangContoh
Kota Jakarta UtaraU**B 1234 UAD
Kota Jakarta TimurT**B 1234 TKA
Kota Jakarta SelatanS**B 1234 SKR
Kota Jakarta PusatP**B 1234 PKA
Kota Jakarta BaratB**B 1234 BPA
Kota TangerangC**/V**B 1234 CKL
Kota Tangerang SelatanW**B 1234 WKB
Kab. TangerangG**/N**B 1234 GPA
Kota BekasiK**B 1234 KRA
Kab. BekasiF**B 1234 FRD
Kota DepokE**/Z**B 1234 ZKM

Jalan Rawan Razia di DKI Jakarta (Plat Nomor B)

Untuk menertibkan lalu lintas serta penggunaan kendaraan plat nomor B, kepolisian setempat mengadakan razia. Razia ini dilakukan dalam waktu tertentu dan juga di tempat tertentu.

Di wilayah DKI Jakarta sendiri, razia plat nomor B dilakukan di beberapa sudut kota yang kerap terjadi pelanggaran lalu lintas. Begitu juga dengan daerah sekitar DKI Jakarta juga kerap melakukan razia kendaraan bermotor.

Di daerah Tangerang sendiri, ada beberapa titik lokasi yang kerap terjadi razia kendaraan bermotor. Seperti misalnya jalan Benteng Betawi, jalan Letnan Betawi dan lainnya. 

Selain itu, ada juga beberapa daerah DKI Jakarta yang rawan razia lalu lintas seperti jalan Joglo Raya(Jakarta Barat), jalan Bekasi Timur, (Bekasi), dan jalan R. Suprapto  (Jakarta Pusat).

Peraturan Tentang Penggunaan Plat Nomor B

Dalam penggunaannya, plat nomor B harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika pemilik kendaraan melanggar aturan tersebut, maka akan ditindak tegas oleh kepolisian dengan diberikan sanksi tilang.

Hal ini berdasarkan pada Undang Undang No 22 1999 Pasal 69 yang berbunyi, “Lalu lintas dan angkutan jalan, kendaraan bermotor wajib menggunakan plat nomor yang memenuhi syarat bentuk, warna, ukuran, bahan, dan cara pemasangan”.

Dalam undang-undang tersebut juga dijelaskan jika seseorang melanggar akan dikenakan denda sebanyak Rp 500 ribu rupiah atau kurangan selama 2 bulan. Lalu seperti apa penggunaan plat nomor B yang benar?

Plat nomor yang sebaiknya digunakan oleh pemilik kendaraan adalah plat nomor standar yang dikeluarkan oleh Samsat. Selain itu, ada 6 kriteria plat nomor yang sebaiknya Anda hindari agar tidak terkena sanksi tilang.

  • Plat nomor dengan huruf yang diatur agar membentuk sebuah nama
  • Plat nomor dengan huruf yang diubah menyerupai huruf digital.
  • Plat nomor yang diberi tempelan stiker, logo, lambang kesatuan, atau instansi, sehingga seolah – olah seperti milik pejabat.
  • Plat nomor menggunakan huruf timbul dan huruf miring.
  • Plat nomor yang memiliki ukuran terlalu kecil atau besar.
  • Plat nomor yang menggunakan huruf angka sebagian ditebalkan dan sebagiannya lagi dihapus menggunakan cat piloks.
Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.