Daftar Plat Nomor Wilayah
Umum

Daftar Kode Belakang Plat Nomor PB dan Alamat Samsat Wilayah Papua Barat

Saat berlibur atau mengunjungi kepulauan Raja Ampat, sekilas mungkin kamu akan berpapasan dengan kendaraan yang menggunakan plat nomor PB. Secara umum plat nomor kendaraan merupakan salah satu syarat wajib berkendara di jalan raya agar tidak terkena tilang. 

Selain itu, plat nomor kendaraan juga berfungsi sebagai identitas atau kode yang menyatakan darimana kendaraan tersebut berasal. Lalu, dari mana plat nomor PB berasal? Berikut kami ulas secara lengkap tentang plat nomor PB.

Sejarah Plat Nomor PB

Hadirnya plat nomor PB merupakan hasil dari sebuah konsekuensi atas pemekaran wilayah Papua yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah Papua, dan wilayah Papua Barat. Peresmian plat nomor PB ini ditandai dengan penyerahan plat nomor kendaraan tersebut dari Kakorlantas kepada Gubernur Papua Barat pada 2013 silam. Sejak saat ini Papua Barat menggunakan plat nomor PB sebagai identitas semua kendaraan.

Sesuai dengan namanya plat nomor PB merupakan singkatan dari Papua Barat. Wilayah Papua Barat terdiri dari 11 kabupaten dan 1 kotamadya yaitu Manokwari, Manokwari Selatan, Sorong, Sorong Kota, Sorong Selatan, Teluk Bintuni, Fak Fak, Wondama, Kaimana, Raja Ampat, Pegunungan Arfak dan Sambraw.

Plat Nomor PB dan Daftar Kode Belakang

P 22
Contoh plat nomor PB

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, plat nomor PB adalah identitas bagi semua kendaraan yang berada di wilayah Papua Barat. Namun, Papua Barat juga memiliki beberapa kabupaten, dan tentunya setiap kabupaten pasti memiliki kode belakang yang lebih spesifik dan berbeda-beda. Berikut daftar plat nomor PB dan daftar kode belakang yang perlu Anda ketahui:

Kota / KabupatenKode BelakangContoh
Kota SorongSPB 5487 SF
Kab. Kimana KPB 5487 KN
Kab. FakfakFPB 5487 FG
Kab. MaybratVPB 5487 VZ
Kab. Teluk Bintuni BPB 5487 BK
Kab. ManokwariMPB 5487 MS
Kab. Sorong Selatan TPB 5487 TR
Kab. Teluk WondamaWPB 5487 WI

Itulah daftar plat nomor PB lengkap dengan daftar kode belakangnya. Hal ini tentu akan mempermudah kamu untuk mengenali masing-masing daerah asal kendaraan.

Makna Warna Plat Nomor Kendaraan

Setelah mengetahui cara melakukan pengecekan nomor secara online, Anda juga bisa melakukan pengecekan plat nomor berdasarkan warna. Hal ini sebagai identifikasi siapa pemilik dari kendaraan tersebut apakah perorangan atau dinas dan yang lainnya. Berikut daftar warna plat nomor kendaraan beserta dengan artinya:

  • Plat Putih : Plat dengan warna dasar putih, dan angka hitam memiliki arti dari kendaraan perseorangan, badan hukum, Badan Internasional, dan Perwakilan Negara Asing (PNA).
  • Plat Merah : Plat dengan warna dasar merah, dan angka putih memiliki arti kendaraan pemerintah atau instansi khusus pemerintah.
  • Plat Kuning : Plat dengan warna dasar kuning, dan angka hitam memiliki makna kendaraan transportasi umum.
  • Plat Hijau : Plat dengan warna dasar hijau, dan angka hitam memiliki makna kendaraan di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan bebas bea masuk.

Daftar Samsat Wilayah Papua Barat

Selanjutnya setelah mengetahui  semua perihal tentang plat nomor kendaraan PB, Anda juga harus melengkapi beberapa dokumen kendaraan agar bisa aman berkendara di jalan raya. Beberapa dokumen tersebut antara lain, STNK, KTP, dan SIM.

Bagi Anda yang belum memiliki kelengkapan dokumen tersebut seperti STNK dan SIM, maka bisa mengunjungi Samsat terdekat untuk membuat kelengkapan dokumen tersebut. Berikut daftar alamat Samsat di wilayah Papua Barat:

1. Samsat Manokwari

Berlokasi di Jl Karya ABRI Sanggeng (Manokwari Barat), Manokwari, Papua Barat 98312.

2. Samsat Sorong

Berlokasi di Malabutor, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat 98412.

3. Samsat Provinsi Papua Barat

Terletak di Jalan, Mariat Pantai, Aimas, Kota Sorong, Papua Barat 98414

4. Samsat Drive Thru Kab. Sorong

Terletak di Malawili, Bar. Malawi, Malawili, Kec. Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Bar. 98414. Untuk pelayanan setiap hari Senin – Jumat, mulai pukul 08.00 – 13.00 WIT.

5. UPT Samsat Raja Ampat

Terletak di Jln bhayangkara No.2, Waisai, Distrik Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. 97128. Untuk operasional setiap hari Senin – Jumat, mulai pukul 07.30 – 14.00 WIT.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.