Plat Nomor Mobil Sport
Umum

Daftar Kode Belakang Plat Nomor F dan Syarat Memperbarui Plat Nomor F

Plat nomor kendaraan yang terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan merupakan komponen dari kendaraan yang tidak boleh diubah. Hal ini karena plat nomor tersebut merupakan identitas bagi kendaraan bermotor.

Plat nomor dapat digunakan untuk menentukan dari mana kendaraan tersebut berasal. Seperti misalnya plat nomor F yang mengindikasikan bahwa kendaraan tersebut berasal dari wilayah Bogor.

Plat Nomor F

Di wilayah Bogor maupun kota dan kabupaten sekitarnya, Anda mungkin akan dengan mudah menemukan plat nomor F. Pasalnya, plat nomor F tersebut merupakan kode wilayah Bogor.

Beberapa kabupaten atau kota yang menggunakan plat nomor F yaitu Kabupaten  Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah eks Karesidenan Bogor.

Kode Belakang Plat Nomor F

Contoh plat nomor F
Contoh plat nomor F

Cara yang digunakan untuk mengidentifikasi daerah asal kendaraan bermotor adalah dengan memperhatikan kode wilayahnya yang berupa huruf di bagian depan plat nomor. Kemudian untuk mengetahui asal kabupaten atau kota kendaraan bermotor tersebut adalah dengan memperhatikan kode belakang plat nomor kendaraan.

Kode belakang plat nomor umumnya berupa gabungan dua atau tiga huruf. Setiap kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor F juga memiliki kode belakang yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Lebih jelasnya, berikut daftar kode belakang yang berada di wilayah Bogor.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kab. BogorF**/G*/H*/I*/K*/J*/L*N*/M*/O*/P*/R*F 1234 MR
Kota BogorA*/B*/D*/C*/E*F 1234 AA
Kab. SukabumiU**/Q*/V*F 1234 UBR
Kota SukabumiT*/S*F 123 TK
Kab. CianjurX*/W*/Y*/Z*F 1234 ZR

Cara Memperbarui Plat Nomor F

Plat nomor F dan plat nomor lainnya memiliki masa berlaku. Umumnya plat nomor yang ada di Indonesia dilakukan penggantian setiap lima tahun sekali.

Cara memperbarui plat nomor F sama halnya dengan cara memperbarui STNK. Prosedur dan persyaratan yang diberikan juga cukup mudah.

Namun, ada sebagian masyarakat yang masih merasa bingung dengan persyaratan dan prosedur penggantian plat nomor F. Untuk lebih jelasnya, berikut persyaratan dan prosedur mengganti plat nomor F.

Persyaratan Memperbarui Plat Nomor F

Berikut beberapa dokumen yang wajib Anda bawa saat akan melakukan pembaruan plat nomor F. Usahakan dokumen yang Anda bawa lengkap dan sesuai, agar proses pembaruan plat nomor berjalan lancar.

  1. KTP asli dan fotocopy
  2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotocopy 
  3. BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) asli dan fotocopy.
  4. Motor atau mobil dengan plat nomor F yang akan diperbarui. Pastikan kondisi kendaraan tersebut masih lengkap dan sesuai peraturan lalu lintas. 
  5. Surat Kuasa (dibutuhkan jika yang mengurus diwakilkan oleh orang lain).

Prosedur Memperbarui Plat Nomor F

Setelah Anda menyiapkan dokumen tersebut, maka selanjutnya Anda bisa langsung melakukan proses pembaruan plat nomor F. Anda bisa mengikuti prosedur berikut:

1. Melakukan Pendaftaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat berada di kantor Samsat Jawa Barat adalah melakukan pendaftaran. Dalam tahap ini, Anda akan diminta menyerahkan dokumen persyaratan dalam pembaruan plat nomor.

Anda juga bisa mengetahui informasi maupun prosedur penggantian plat nomor F melalui situs https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/ 

2. Pemeriksaan Fisik

Setelah Anda melakukan pendaftaran dengan menyerahkan dokumen, maka Anda perlu menunggu terlebih dahulu hingga nomor antrian Anda dipanggil. Selanjutnya, kendaraan Anda akan dilakukan cek fisik selama 10-30 menit.

3. Legalisir Hasil Pemeriksaan Fisik

Setelah kendaraan Anda dengan plat nomor F selesai dilakukan pemeriksaan fisik, maka selanjutnya Anda perlu melakukan legalisir hasil pemeriksaan fisik tersebut. Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir yang disediakan.

4. Pembayaran

Tahap terakhir yang perlu Anda lakukan dalam proses pembaruan plat nomor F adalah melakukan pembayaran. Anda bisa membawa semua hasil pemeriksaan yang dilegalisir dan juga formulir yang telah Anda isi ke loket pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran, maka Anda akan mendapatkan dua bukti pembayaran. Bukti pembayaran yang berwarna putih nantinya dapat Anda gunakan untuk mengambil plat nomor yang baru.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.