Plat Mobil Kuno
Umum

Daftar Kode Belakang Plat Nomor EB dan Cara Pengecekannya

Plat nomor diatur secara ketat oleh kepolisian Republik Indonesia untuk mengatur registrasinya ke sistem. Salah satu bentuk aturan tersebut adalah kode asal wilayah kendaraan yang ditunjukan oleh kode depan. Kode depan berbentuk huruf, contohnya adalah plat nomor EB. Lalu, kode EB ini mewakili wilayah mana? 

Asal Wilayah Plat Nomor EB 

Sebagaimana yang dijelaskan di awal, plat nomor kendaraan di Indonesia diatur dengan ketat dan sedemikian rupa. Tujuan pengaturan ini adalah untuk memudahkan proses pendataan kendaraan dan memastikan datanya sudah benar. Salah satu pengaturan terkait plat adalah kode di dalamnya. 

Kode di dalam plat nomor kendaraan terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah kode depan berbentuk huruf baik huruf tunggal maupun huruf ganda. Kedua, adalah kode registrasi yang terdiri atas deretan angka sebanyak empat nominal. Ketiga, adalah kode belakang yang menunjukan asal kota atau kabupaten kendaraan tersebut. 

Berhubung kode depan menunjukan asal wilayah suatu kendaraan, lalu plat nomor EB berasal dari wilayah mana? Dilansir dari berbagai sumber, kode EB mewakili wilayah NTT atau Nusa Tenggara Timur. Sehingga seluruh kendaraan yang kode awalnya adalah EB bisa dipastikan asalnya dari NTT. 

Atau bisa dipastikan juga bahwa pengemudi kendaraan tersebut adalah salah satu masyarakat dari NTT. Tidak tertutup kemungkinan kendaraan dengan plat ET ini dioperasikan di luar NTT. Misalnya ketika diajak menyeberang ke Lombok, maka kendaraan ini akan melintas di jalanan Lombok. 

Daftar Kode Belakang untuk Plat Nomor EB 

P 39
Contoh plat nomor EB

Plat nomor EB kemudian akan diikuti kode registrasi dan kode belakang. Khusus untuk kode belakang nantinya akan mewakili seluruh kota dan kabupaten di NTT tersebut. Sejauh ini, terdapat tujuh kabupaten di NTT yang menggunakan plat nomor EB. Sehingga ada tujuh kode belakang berbeda yang mengikuti kode EB tersebut. Berikut detailnya pada tabel: 

Kota/KabupatenKode Belakang Contoh
Kab. EndeAEB 1234 AF
Kab. Flores TimurDEB 1234 DI
Kab. Lembata FEB 1234 FT
Kab. ManggaraiGEB 1234 GN
Kab. Manggarai BaratEEB 1234 EV
Kab. NgadaCEB 1234 CY
Kab. SikkaBEB 1234 BI

Cara Cek Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor EB

Kode plat nomor pada kendaraan akan menjelaskan identitas kendaraan tersebut. Mulai dari tipe kendaraan, nomor rangka, asal wilayah dan kabupaten, riwayat pembayaran pajak kendaraan, sampai  nama pemilik dan alamatnya. Sehingga ketika kendaraan hilang atau digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan maka bisa ditelusuri siapa pemiliknya. 

Terkait hal ini, proses pengecekan siapa pemilik kendaraan melalui plat nomor EB maupun kode lainnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, khusus untuk plat EB sendiri baru ada satu cara saja. Yakni cara konvensional dengan datang langsung ke Samsat. Jadi, silahkan kunjungi Samsat terdekat dan sampaikan nomor plat nomor kendaraan ke petugas. 

Oleh petugas nantinya akan dilacak lewat sistem samsat tersebut, sehingga akan diketahui siapa pemiliknya dan dari kota atau kabupaten mana di NTT. Pencarian atau pengecekan pemilik kendaraan berdasarkan nomor plat kendaraan bisa dilakukan untuk beberapa kondisi. Misalnya: 

1. Menjadi Korban Kecelakaan 

Identitas pemilik kendaraan bisa dicari lewat plat nomor jika terjadi kecelakaan, yakni ketika korban tidak membawa kartu identitas. Sehingga bermodalkan nomor plat maka bisa diketahui siapa pemilik kendaraan. Berikutnya pihak berwenang akan menghubungi pihak keluarga dengan mendatangi alamat yang terdaftar di sistem. 

2. Pelaku Kejahatan 

Ada kalanya kendaraan digunakan untuk tindakan kejahatan, seperti perampokan. Jika nomor plat kendaraan bisa diketahui maka tinggal dibawa ke kantor polisi. Oleh petugas akan dicari tahu siapa pemiliknya untuk pengusutan kasus lebih lanjut. 

3. Pelaku Tabrak Lari 

Pernah menjumpai tindakan tabrak lari? Saksi di sekitar diharapkan memperhatikan plat nomor kendaraan pelaku sehingga bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Oleh pihak berwajib akan ditelusuri siapa pemilik kendaraan dan diproses lebih lanjut. 

4. Penemuan Kendaraan 

Pengecekan pemilik plat nomor EB juga bisa dilakukan jika ada penemuan kendaraan dengan kode tersebut. Sehingga bisa dicari tahu siapa pemiliknya untuk kemudian diproses sesuai ketentuan. Apakah diantarkan petugas kepolisian atau pemilik yang datang mengambil ke lokasi penemuan. 

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.