Illustrasi Plat Nomor Wilayah Di Indonesia
Umum

Daftar Kode Belakang Plat Nomor DR dan Cara Cek Plat Nomor Secara Online

Plat nomor DR adalah satu dari sekian banyak plat nomor yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebuah kendaraan wajib memasangkan plat nomor di bagian depan dan belakang kendaraan.

Plat nomor DR sebagai kode atau identitas suatu kendaraan tersebut berasal. Lantas darimana asal kendaraan dengan plat nomor DR? Simak pembahasannya di bawah ini.

Asal Plat Nomor DR

P 11
Contoh plat nomor DR

Plat nomor DR merupakan kode atau identitas untuk semua kendaraan yang berasal dari wilayah Nusa Tenggara Barat yang meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur.

Dengan adanya plat nomor DR kita akan lebih mudah untuk mengidentifikasi darimana kendaraan tersebut berasal. Selain itu, rangkaian huruf dan nomor yang tertera di plat kendaraan memiliki makna tersendiri, misalnya plat nomor DR 5578 SF, yang memiliki arti sebagai berikut:

  • DR : merupakan kode kendaraan wilayah Nusa Tenggara Barat.
  • 5578 : merupakan angka yang diperoleh saat registrasi kendaraan.
  • SF : merupakan kode asal kendaraan yang lebih spesifik yaitu di daerah Kabupaten Lombok Tengah.

Plat nomor kendaraan menjadi salah satu komponen yang wajib terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan. Hal tersebut bertujuan agar Anda aman berkendara dan tidak terkena tilang. 

Plat Nomor DR dan Kode Belakangnya

Nusa Tenggara Barat mempunyai dua pulau besar yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Bagi semua kendaraan yang berasal dari pulau Lombok menggunakan plat nomor DR, sedangkan untuk Pulau Sumbawa memiliki kode plat nomor tersendiri.

Pulau Lombok terdiri dari 1 kota dan 3 kabupaten yaitu Kota Mataram, Kab. Lombok Barat, Kab. Lombok Timur dan Kab. Lombok Tengah. Meskipun memiliki plat nomor yang sama yaitu DR tapi masing kota dan bupaten tersebut memiliki kode huruf belakang yang berbeda. Lebih jelasnya, berikut daftar plat nomor DR beserta kode belakangnya dari masing-masing kota dan kabupaten:

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kota MataramA/B/C/D/EDR 8976 HG
Kab. Lombok TengahSDR 8976 SF
Kab. Lombok TimurLDR 8976 LR
Kab. Lombok BaratH/J/KDR 8976 KI

Dengan adanya kode belakang yang ada di plat nomor kendaraan, akan membantu kita untuk mengetahui dengan lengkap dari kota atau kabupaten mana kendaraan tersebut berasal.

Cara Cek Plat Nomor DR Secara Online

Setelah mengetahui sekilas tentang plat nomor DR lengkap dengan kode belakangnya. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecekan plat nomor DR secara online melalui beberapa cara. 

Informasi ini sangat penting diketahui, agar Anda bisa mendapatkan informasi detail mengenai plat nomor kendaraan misalnya informasi pembayaran pajak dan yang lainnya. Berikut cara cek plat nomor DR secara online, yang bisa Anda lakukan:

1. Melalui Aplikasi 

Tak bisa dipungkiri saat ini hampir semua data bisa diakses secara online, termasuk informasi tentang plat nomor kendaraan. Anda bisa coba cek plat nomor kendaraan melalui aplikasi, dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama buka Google Play yang ada di ponsel, lalu cari di kolom pencarian Aplikasi Samsat Delivery
  • Selanjutnya instal aplikasi tersebut.
  • Kemudian buka aplikasi Samsat Delivery
  • Inputkan nomor plat yang akan dilakukan pengecekan misalkan DR 6678 KI.
  • Lalu submit, dan tunggu beberapa saat.
  • Nanti akan muncul secara keseluruhan informasi data plat nomor kendaraan DR 6678 KI.

2. Melalui E-Samsat

Maraknya penggunaan sistem digital, membuat Samsat menghadirkan e-Samsat guna mempermudah pelayanan publik. Anda juga bisa memanfaatkan adanya e-Samsat untuk melakukan pengecekan nomor plat DR secara online. 

Perlu diketahui bahwa setiap wilayah memiliki situs e-Samsat yang berbeda. Untuk wilayah Nusa Tenggara Barat bisa menggunakan situs esamsat.ntbprov.go.id, berikut cara lengkapnya:

  • Pertama buka browser pada perangkat yang Anda miliki misalkan Hp/ Laptop/ PC
  • Lalu kunjungi situs esamsat.ntbprov.go.id
  • Kemudian di sebelah kiri, silahkan tuliskan nomor plat nomor kendaraan misalkan DR 6679 LR
  • Inputkan NIK, lalu 5 digit terakhir nomor rangka
  • Selanjutnya inputkan kode Captcha yang sesuai
  • Terakhir klik Generate, dan tunggu prosesnya beberapa saat.

3. Melalui SMS

Selain menggunakan kedua cara diatas, Anda bisa juga menggunakan layanan pesan singkat atau yang kerap disebut sebagai SMS. Berikut format SMS yang bisa Anda coba untuk mengetahui informasi plat nomor kendaraan DR.

Anda bisa ketik sms dengan format SAMSAT(spasi)Nomor plat kendaraan(spasi)5 digit nomor mesin kendaraan. Misalnya  SAMSAT DR 6679 LR 87901 kirim ke 3130.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.