Daftar Plat Nomor Wilayah
Umum

Cakupan Wilayah Plat Nomor EA dan Aturan yang Mengikat Plat Nomor Tersebut

Jika diperhatikan semua kendaraan di Indonesia, apapun jenisnya akan dilengkapi oleh plat kendaraan. Plat kendaraan ini kemudian memiliki kode khas dan unik yang memiliki makna atau arti tersebut. Salah satunya plat nomor EA atau plat dengan kode EA yang diketahui menunjukan asal wilayah suatu kendaraan. Jadi, kode AE ini mewakili wilayah mana ya? 

Darimana Plat Nomor EA? 

P 24
Contoh plat nomor EA

Kendaraan yang resmi dan sudah diregistrasi ke sistem Samsat di Indonesia akan memiliki plat nomor kendaraan. Dimana plat nomor ini menunjukan jika pajak kendaraan juga sudah dibayarkan tepat waktu sesuai peraturan yang berlaku. Jadi, plat kendaraan sebaiknya tidak hanya terpasang melainkan masih berlaku. 

Bisa dilihat dari kode bulan dan tahun di bawah deretan kode depan, kode angka, dan kode belakang. Plat kendaraan selain memberi informasi mengenai riayat pajak juga memberi informasi mengenai asal wilayah dan kota atau kabupaten kendaraan tersebut. Sehingga bisa ditelusuri ketika dibutuhkan. 

Misalnya ketika kendaraan hilang, kendaraan digunakan untuk tindak kejahatan, dan lain sebagainya. Pihak kepolisian bisa menelusuri identitas kendaraan tersebut dan menemukan asal wilayah dan siapa pemiliknya. Terkait asal wilayah, plat memiliki kode khusus untuk menunjukkannya yakni dari kode depan. 

Salah satu contoh kode depan adalah plat nomor EA yang diketahui merupakan kode untuk kendaraan dari wilayah NTB (Nusa Tenggara Barat). Kode EA tersebut memberi informasi bahwa kendaraan berasal dari NTB, dan bisa dari salah satu kota maupun kabupaten di provinsi tersebut. 

Plat nomor kendaraan juga ada kode untuk menunjukkan asal kota dan kabupaten kendaraan, yakni dari kode belakang. Wilayah NTB diketahui memiliki lima pembagian wilayah dari kota sampai kabupaten, yaitu Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, dan juga Kabupaten Sumbawa Barat. Sehingga plat nomor EA ini akan memiliki lima jenis kode belakang yang menyertainya. Kira-kira apa saja kodenya? 

Kode Belakang Plat Nomor Kode EA 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kode EA pada plat nomor kendaraan diikuti oleh kode belakang yang terbagi menjadi lima daerah kota dan kabupaten. Berikut daftar kode huruf belakang untuk plat nomor EA dari masing-masing kota maupun kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh Plat EA 
Kota BimaSEA 1234 SR
Kab. BimaX/YEA 1234 XG
Kab. DompuREA 1234 RT
Kab. SumbawaAEA 1234 AP
Kab. Sumbawa BaratHEA 1234 HY

Jika memperhatikan contoh plat kode EA pada tabel di atas, maka kode belakang akan terdiri dari dua huruf. Apa artinya? Kode huruf yang pertama menunjukan asal kota atau kabupaten kendaraan. Sementara kode huruf yang kedua atau yang paling belakang menunjukan jenis kendaraan tersebut. 

Aturan Terkait Plat Nomor Kendaraan di Indonesia 

Jika membahas mengenai plat nomor EA atau mungkin kode lainnya, selain perlu dibahas asal wilayah kendaraan. Juga perlu dibahas mengenai aturan terkait plat nomor kendaraan. Aturan ini diterbitkan oleh kepolisian Indonesia, yakni melalui Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Melalui Peraturan Kapolri tersebut yang terdiri dari beberapa pasal diatur berbagai ketentuan terkait plat kendaraan. Mulai dari pengaturan kode, kemudian ukuran plat, warna plat, masa berlaku, prosedur pembayaran pajak, dan lain sebagainya. Salah satu pembahasan penting di peraturan tersebut adalah kewajiban kendaraan memiliki plat nomor. 

Berikut beberapa aturan terkait plat nomor EA

1. Wajib Memiliki/Memasang Plat Nomor EA

Seluruh kendaraan yang berasal dari Nusa Tenggara Barat diwajibkan untuk memiliki plat nomor EA yang susunan kodenya diatur oleh petugas di kepolisian. Yakni melalui samsat wilayah masing-masing kota maupun kabupaten. Jika wajib, maka akan ada sanksi jika dilanggar. 

2. Wajib Memiliki Lampu Penerangan 

Tidak hanya wajib dipasang, plat nomor EA juga wajib dipasang dengan benar. Salah satu ketentuannya adalah memiliki lampu penerangan yang terpasang di kendaraan. Tujuannya adalah agar plat nomor kendaraan bisa dibaca dengan jelas dari jarak 50 meter. 

3. Sanksi Kendaraan Tanpa Plat Nomor EA

Kewajiban memasang plat nomor EA sesuai penjelasan pertama yang ketika dilanggar akan diikuti oleh sanksi. Sanksi ini ditegaskan di dalam UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280. Dijelaskan bahwa sanksi jika melanggar aturan ini adalah dikenakan denda sebesar Rp500.000. 

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.