Plat Nomor Mobil Perkotaan
Umum

Asal Wilayah Plat Nomor PA dan Cara Pengecekannya Secara Online

Saat berkunjung ke wilayah Indonesia bagian paling timur, sekilas mungkin kamu akan melihat plat nomor PA berlalu lalang di jalan raya. Meski baru mengaspal sekitar 6 tahun, namun tak dipungkiri pengguna plat nomor PA mengalami peningkatan yang signifikan.

Umumnya plat nomor kendaraan berfungsi sebagai identitas sebuah kendaraan tersebut berasal. Plat nomor kendaraan biasanya akan terintegrasi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Asal Wilayah Plat Nomor PA

Plat nomor PA adalah sebuah identitas bagi semua kendaraan yang berada di wilayah Papua. Plat nomor PA merupakan peralihan dari plat nomor DS. Hal tersebut diresmikan pada hari Jumat 1 Juli 2016, yang bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-70 di Kantor Gubernur Jayapura.

Sejak saat itu, plat nomor PA kerap terlintas hampir di semua wilayah Indonesia, terutama di Papua atau tempat plat tersebut berasal. Selain sebagai identitas kendaraan, plat nomor kendaraan juga menjadi salah satu syarat agar kamu bisa melintas di jalan raya dengan aman, dan tidak terkena tilang.

Plat Nomor PA Beserta Daftar Kode Belakangnya

P 23
Contoh plat nomor PA

Telah dibahas sebelumnya bahwa fungsi utama dari adanya plat nomor kendaraan yaitu sebagai identitas sebuah kendaraan tersebut berasal. Contohnya plat nomor PA yang menjadi identitas bagi semua kendaraan yang berasal dari wilayah Papua. 

Wilayah Papua sendiri sebenarnya terdiri dari 1 kota dan 9 kabupaten yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Nabire dan juga 7 kabupaten lainnya yang masuk dalam wilayah Papua. Setiap kota atau kabupaten tentu memiliki kode atau plat nomor yang berbeda. Berikut daftar plat nomor PA beserta dengan daftar kode belakangnya:

Kota / KabupatenKode BelakangContoh
Kota JayapuraAPA 8865 AL
Kab. JayapuraJPA 8865 JN
Kab. Biak NumforKPA 8865 KI
Kab. JayawijayaBPA 8865 BS
Kab. MimikaDPA 8865 DS
Kab. Kepulauan YapenLPA 8865 LZ
Kab. NabireEPA 8865 EB
Kab. MeraukeGPA 8865 GU
Kab. Puncak JayaPPA 8865 PT
Kab. PaniaiCPA 8865 CN

Pengecekan Plat Nomor PA Secara Online 

Sekilas tentang informasi plat nomor PA beserta daftar kode belakangnya, tentu akan membuat Anda lebih mudah dalam mengidentifikasi darimana kendaraan tersebut berasal.

Selain itu, di zaman modern saat ini melakukan pengecekan nomor dapat dilakukan dengan mudah melalui sistem online. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan PA secara online:

1. Melalui e-Samsat

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu melalui e-Samsat, berikut cara lengkapnya:

  • Pertama buka situs https://e-samsat.id/papua/jayapura/ 
  • Lalu lengkapi kolom yang tersedia seperti plat, nomor, seri, no.rangka dan pilih provinsi.
  • Setelah semua kolom terisi dengan lengkap, klik cek sekarang.
  • Nantinya akan muncul semua data tentang plat nomor PA sesuai yang Anda inputkan.

2. Melalui SMS

Selain melalui website resmi e-Samsat, Anda juga bisa menggunakan layanan pesan singkat atau SMS untuk mengetahui informasi pengecekan plat nomor. Anda bisa mengirimkan pesan singkat dengan format sebagai berikut: Info(spasi)kode plat kendaraan/nomor polisi/kode seri plat kendaraan(spasi) warna plat nomor kendaraan.

Contohnya info PA/7890/GU Hitam, lalu kirim ke 08112119211. Nantinya Anda akan mendapatkan balasan tentang informasi plat nomor kendaraan PA sesuai yang dikirimkan.

Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Plat Nomor PA

Saat melakukan pengecekan plat nomor kendaraan secara online, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang pajak kendaraan. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap pemilik kendaraan wajib melakukan pembayaran pajak kendaraan baik dalam bentuk motor atau mobil. Berikut beberapa cara pembayaran pajak kendaraan di wilayah Papua (plat nomor PA)

  • Pembayaran bisa melalui offline di semua kantor Samsat terdekat.
  • Samsat Corner juga bisa menjadi salah satu alternatif pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).
  • Samsat Payment Point juga memberikan layanan PKB serta pengesahan STNK di daerah pemilik kendaraan.
  • Samsat Box yang berada di depan Sagu Indah Plaza, Jayapura. Samsat Box merupakan layanan drive thru dengan fasilitas layanan pembayaran PKB.
  • ATM Bank Papua dengan menginputkan kode yang telah diperoleh dari website resmi yang telah dibahas sebelumnya.
  • Kantor Pos, dengan membawa STNK serta KTP.
  • Samsat Mobil yang telah disediakan di beberapa titik tertentu di wilayah Papua. Samsat mobil menyediakan pelayanan pembayaran PKB serta perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi).
Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.