Illustrasi Plat Nomor Wilayah Di Indonesia
Umum

Asal Wilayah dengan Plat Nomor DK dan Cara Cek Info Pajaknya

Bagi Anda yang sedang menikmati liburan di Bali, pasti Anda akan sering melihat berbagai kendaraan berlalu lalang menggunakan plat nomor DK. Pasalnya, Plat nomor DK merupakan sebuah identitas bagi kendaraan yang telah telah terdaftar di wilayah kepolisian Bali dan sekitarnya yang meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana.

Setiap kendaraan yang ada di Indonesia baik kendaraan roda dua atau roda empat harus menggunakan plat nomor yang menunjukkan identitas kendaraan tersebut berasal. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2021 yang telah mencantumkan tentang peraturan dan pemasangan plat nomor kendaraan.

Pada peraturan tersebut dijelaskan bahwa setiap kendaraan wajib menggunakan plat nomor yang bisa dibaca dengan jelas minimal 50 meter dari belakang dan depan.

Plat Nomor DK dan Kode Belakangnya

P 4
Contoh plat nomor DK

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebagai identitas sebuah kendaraan wajib menggunakan plat nomor sesuai dengan wilayah masing-masing. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat di wilayah Bali yang harus menggunakan plat nomor kendaraan DK disertai kode belakang yang berbeda-beda. Berikut daftar plat nomor DK dan daftar kode belakangnya. 

Kota / Kabupaten Kode BelakangContoh
Kota DenpasarA**/B*/C*/D*/E*/I*/Q*/X*DK 1234 AC
Kabupaten BadungF**/J*/O*DK 1234 FA
Kabupaten TabananG**/H*DK 1234 GI
Kabupaten GianyarK**/L*DK 1234 LA
Kabupaten KlungkungM**/N*DK 1234 NO
Kabupaten BangliP**/R*DK 1234 PE
Kabupaten KarangasemS**/T*DK 1234 SU
Kabupaten BulelengU**/V*DK 1234 UI
Kabupaten JembranaW**/Z*DK 1234 WA

Cara Cek Informasi Pajak Kendaraan Plat Nomor DK

Cara cek informasi pajak kendaraan plat nomor DK, wajib untuk diketahui terutama bagi Anda yang berdomisili di Kota Bali dan sekitarnya. Di era digital saat ini untuk mendapatkan informasi pajak kendaraan sangat mudah.

Melalui smartphone Anda bisa memperoleh semua informasi pajak kendaraan plat DK secara lengkap dan akurat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh informasi pajak kendaraan plat nomor DK:

1. Cara Cek Pajak Kendaraan DK melalui SMS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan informasi pajak kendaraan plat nomor DK adalah melalui SMS. Anda bisa

 mengetik SMS dengan format BALI(spasi)Nomor Kendaraan, lalu kirim ke nomor tujuan 8893. Misalnya BALI DK1234MPK.

2. Cara Cek Pajak Kendaraan DK melalui Website E-Samsat Bali

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh informasi akurat tentang pajak plat nomor DK yaitu melalui website resmi e-samsat Bali. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama kunjungi situs https://e-samsat.id/bali/denpasar/ 
  2. Lalu isikan secara lengkap kolom yang telah tersedia.
  • Plat : pilih kode DK
  • Nomor: Isikan nomor plat yang Anda miliki misalkan DK 1234 AC
  • Nomor seri: Diisi nomor seri kendaraan
  • Nomor rangka : Isikan dengan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan yang Anda miliki
  • Provinsi: Pilih Bali
  1. Selanjutnya Anda bisa klik Cek Sekarang
  2. Tunggu beberapa menit, nantinya akan muncul data kendaraan dan informasi terupdate tentang pajak kendaraan plat nomor DK.

Tanya Jawab Perihal  Plat Nomor DK

1. Berapa biaya ganti plat nomor kendaraan di Bali?

Biaya ganti plat kendaraan roda dua di bali Rp 100.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 200.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya penerbitan STNK, biaya penerbitan BPKB dan yang lainnya.

2. Apakah bisa melakukan pengecekan plat nomor DK secara online?

Saat ini untuk melakukan pengecekan nomor plat DK bisa dilakukan secara online. Kamu bisa menggunakan aplikasi cek plat yang ada di PlayStore atau kamu juga bisa kunjungi website resmi portal.bpdbali.id.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.