Plat Nomor Mobil Sport
Umum

Asal Daerah Plat Nomor DH dan Cara Cek Plat Nomor

Di zaman modern saat ini, sangat mudah menjumpai berbagai jenis kendaraan yang melintas di jalan raya. Uniknya setiap daerah memiliki kode atau plat nomor kendaraan masing-masing. Dari semua kendaraan yang melintas, tentu Anda pernah melihat salah satu kendaraan menggunakan plat nomor DH.

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Indonesia bagian timur, tentu sudah tidak asing dengan plat nomor DH tersebut. Namun, bagi sebagian orang pasti penasaran darimana plat DH berasal? Pasalnya plat nomor kendaraan, merupakan identitas darimana kendaraan tersebut berasal.

Darimana Asal Kendaraan Plat Nomor DH?

P 12
Contoh plat nomor DH

Plat nomor DH merupakan plat nomor kendaraan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, yang meliputi kota Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Alor, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Timor Tengah Utara.

Sebuah plat nomor yang terdiri dari rangkaian kode unik, selain sebagai identitas asal kendaraan. Plat nomor tersebut memiliki arti atau makna tersendiri sesuai dengan posisi atau letak huruf dan angka. Misalkan plat nomor dengan kode DH 5431 AE, yang memiliki arti sebagai berikut:

  • DH : Merupakan identitas kendaraan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur
  • 5431 : Nomor registrasi saat kendaraan didaftarkan.
  • AE : Merupakan identitas secara spesifik bahwa kendaraan tersebut berasal dari wilayah Kota Kupang.

Daftar Kode Belakang Plat Nomor DH

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa plat nomor DH merupakan sebuah identitas bagi semua kendaraan yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Namun, seperti yang kita ketahui wilayah Nusa Tenggara Timur terdiri dari 1 kota dan 5 kabupaten yang tentu memiliki kode belakang masing-masing yang tertera di plat nomor kendaraan. 

Berikut plat nomor DH lengkap dengan kode belakangnya yang perlu Anda ketahui :

Kota / KabupatenKode BelakangContoh
Kota KupangA/B/CDH 5677 AD
Kab. AlorFDH 5677 FT
Kab. BeluGDH 5677 GP
Kab. Rote NdaoUDH 5677 UY
Kab. Timor Tengah UtaraDDH 5677 DK
Kab.Timor Tengah SelatanEDH 5677 EC

Cara Cek Plat Nomor DH Secara Online.

Di zaman modern saat ini semua aktivitas semakin dipermudah dengan adanya jaringan internet. Hal tersebut juga berlaku saat kamu ingin melakukan pengecekan plat nomor secara online.

Pengecekan nomor secara online, akan mempermudah kamu untuk mengetahui berbagai informasi tentang kendaraan. Misalnya ketika informasi tentang pembayaran pajak kendaraan, informasi tentang kepemilikan kendaraan saat terjadi peristiwa tidak terduga, dan yang lainnya.

Berikut beberapa cara pengecekan plat nomor DH secara online yang bisa kamu coba.

1. Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan secara online yaitu melalui aplikasi. Untuk plat nomor DH Anda bisa download & instal aplikasi B’sonto, berikut cara lengkapnya :

  • Pertama download dan instal aplikasi B’sonto yang ada di Google Play Store.
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut lalu tuliskan nomor plat nomor DH yang ingin dilakukan pengecekan.
  • Masukkan plat nomor DH misalnya DH 6789 AD.
  • Klik submit, dan tunggu beberapa saat.
  • Nantinya akan muncul data plat nomor kendaraan sesuai dengan data yang Anda masukan.

2. Melalui SMS

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan layanan pesan atau SMS untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan secara online. Cara ini terbilang kuno dibandingkan dengan cara sebelumnya. Namun, dibandingkan harus datang ke Samsat, tentu cara ini lebih praktis untuk digunakan.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan sms, maka kamu perlu memperhatikan format tulisan yang akan dikirimkan. Sebab, setiap wilayah memiliki format SMS yang berbeda. Khusu untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, kamu bisa ketik SAMSAT(spasi)nomor plat(spasi)5 angka terakhir nomor rangka motor. Misalkan SAMSAT DH 6789 AD 8765 lalu kirim ke 3130.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melakukan pengecekan plat nomor kendaraan DH secara online. Penting bagi kamu untuk selalu memeriksa perlengkapan berkendara seperti STNK, SIM, KTP dan penggunaan helm untuk menghindari tindakan tilang saat meluncur di jalan raya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.