Plat Mobil Kuno
Umum

Asal Daerah Plat Nomor BP dan Jadwal Samsat di Wilayah Batam

Plat nomor BP merupakan salah satu kode yang umum dijumpai masyarakat Indonesia di daerah tertentu. Kode ini sendiri memang menunjukan informasi mengenai asal daerah kendaraan yang memilikinya. Adapun yang dimaksud dengan asal daerah ini adalah mengarah pada provinsi di Indonesia. Lalu, kode BP mewakili provinsi mana di tanah air?  

Darimana Asal Plat Nomor BP? 

Plat nomor kendaraan diketahui sebagai bentuk identitas terhadap kendaraan tersebut. Plat nomor ini dicetak di sebuah potongan aluminium dengan warna tertentu dan memiliki kode tertentu. Kode depan berupa huruf, baik terdiri dari satu huruf maupun dua huruf yang menunjukan asal wilayah suatu kendaraan. 

Salah satu contoh kode depan pada plat kendaraan adalah plat nomor BP. Kode ini diketahui mewakili wilayah Batam atau Pulau Batam. Jadi, jika menjumpai kendaraan dengan kode depan huruf BP maka artinya kendaraan tersebut berasal dari Batam dan sekitarnya. Dimana Batam adalah sebuah provinsi di Indonesia. 

Sebagai provinsi, Pulau Batam kemudian memiliki beberapa kotamadya dan kabupaten. Memudahkan proses registrasi kendaraan dan pendataan, maka asal kota dan kabupaten kendaraan dicantumkan pada kode belakang plat tersebut. Kode belakang ini memudahkan kepolisian mencari pemilik kendaraan baik ketika hilang, korban kecelakan, dan lain-lain. 

Kode Belakang Plat Nomor BP 

P 20
Contoh plat nomor BP

Kode belakang untuk plat nomor BP sendiri ada beberapa yang sejalan dengan jumlah kota dan kabupaten di pulau satu ini. Bicara mengenai kode belakang, biasanya terdiri dari dua sampai tiga huruf. Huruf pertama setelah kode angka adalah asal kota dan kabupaten kendaraan tersebut. Sementara huruf kedua adalah jenis kendaraannya. 

Kode belakang untuk plat nomor BP sendiri terdiri dari tujuh jenis karena memang jumlah kota dan kabupaten di Pulau Batam terbagi menjadi tujuh wilayah. Berikut detailnya: 

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh
Kota BatamC/D/E/F/G/H/I/J/M/P/Q/R/ZBP 1432 CF
Kota Tanjung PinangA/TBP 1432 AG
Kab. BintanBBP 1432 BAA
Kab. KarimunKBP 1432 KS
Kab. Kepulauan AnambasSBP 1432 SX
Kab. LinggaOBP 1432 OJD
Kab. NatunaNBP 1432 NF

Info Seputar Samsat Batam 

Plat nomor BP diikuti dengan sejumlah kode belakang akan menentukan identitas kendaraan tersebut. Mulai dari jenis, tahun rakitan, nomor rangka dan mesin, sampai identitas pemiliknya. Selain itu juga ada informasi mengenai riwayat pembayaran pajak, baik pajak kendaraan tahunan maupun lima tahunan. 

Bicara mengenai pajak, pemilik kendaraan dengan kode BP bisa melakukan pembayaran secara online dan offline. Menariknya Samsat Batam sendiri sudah menyediakan layanan yang beragam untuk memudahkan pemilik kendaraan menunaikan kewajibannya. Berikut detail layanan dan jam operasional untuk Samsat di wilayah Batam

1. Kantor Samsat Batam 

Samsat Batam memiliki kantor yang melayani pembayaran pajak kendaraan di hari kerja. Alamatnya ada di Gedung Graha Kepri Jl. Engku Putri No. 8 Lantai 3, Batam Center. Jam operasionalnya Senin-Sabtu: 08.00 – 14.00 WIB. 

2. Layanan Samsat Keliling 

Samsat Batam membuka layanan Samsat Keliling untuk memudahkan akses masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Berikut lokasi Samsat Keliling di area Batam: 

  • Samsat Keliling Batam di Tlk. Tering, Kec, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau dan jam operasionalnya Senin-Jumat jam 08.00-15.00 WIB, Sabtu jam 08.00-12.00 WIB. 
  • Samsat Keliling Batu Aji, lokasinya di Jalan Letjend Suprapto No. 6, Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau. Jam operasional sama dengan Samsat Keliling Batam. 

3. Layanan Samsat Corner 

Samsat Batam juga membuka layanan Samsat Corner, sehingga ada area tertentu yang menjadi empat petugas menyediakan layanan perpajakan kendaraan. Berikut pilihan lokasinya: 

  • Batam City Square, alamat: Batam City Square (BCS Mall) Lt Dasar, Jl. Bunga Raya, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam , Kepulauan Riau 29422. Jadwal Pelayanan: 11.00-17.00. 
  • Kepri Mall, alamat: Kec. Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444. Jadwal Pelayanan: Senin 10.00-17.00, Selasa-Sabtu Tutup, dan Minggu 10.00-17.00. 

4. Layanan Samsat Drive Thru

Samsat Batam juga menyediakan layanan Samsat Drive Thru, sehingga pemilik kendaraan yang mengurus pembayaran pajak tidak perlu turun dari kendaraan. Pembayaran bisa dilakukan sambil tetap di atas jok, jadwal layanannya dari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB dan Sabtu dari 08.00-12.00 WIB. 

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.