Arti Plat Nomor Kendaraan Autobild
Umum

Asal Daerah Plat Nomor AE dan Cara Cek Pajak Secara Online

Ketika Anda sedang berkendara di jalan raya, Anda mungkin akan menemukan kendaraan dengan plat nomor AE. Anda juga mungkin penasaran berasal dari mana kendaraan tersebut 

Plat nomor berfungsi sebagai identitas bagi kendaran bermotor dan memudahkan untuk mengenali wilayah asal kendaraan bermotor tersebut. Seperti misalnya plat nomor AE yang merupakan identitas bagi kendaraan yang berasal dari wilayah Madiun dan sekitarnya.

Lalu daerah mana saja yang menggunakan plat nomor AE? Berikut ini informasinya.

Plat Nomor AE

P 7
Contoh plat nomor AE

Plat nomor AE akan banyak Anda temukan di Jawa Timur terutama di Madiun. Selain Madiun, ada kota dan kabupaten lain yang juga menggunakan plat nomor AE.

Kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor AE diantaranya adalah Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ponorogo. 

Plat nomor AE yang digunakan di wilayah tersebut memiliki tiga bagian utama. Bagian depan berupa huruf yang merupakan kode wilayah. Kemudian diikuti 4 angka di bagian tengah yang merupakan nomor registrasi kendaraan. Dan di bagian belakang terdapat gabungan dua hingga tiga huruf yang merupakan kode kota atau kabupaten.

Sehingga dapat dikatakan bahwa, setiap kota atau kabupaten memiliki ciri kode belakang yang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Kode Belakang Plat Nomor AE

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada enam kota dan kabupaten yang menggunakan plat nomor AE. Untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi asal kabupaten atau kota yang menggunakan plat nomor AE, Anda dapat memperhatikan tabel kode belakang plat nomor berikut ini.

Kota/ KabupatenKode BelakangContoh
Kab. MadiunD/E/F/GAE 1234 DS
Kota MadiunA/B/CAE 1234 BK
Kab. PacitanW/X/Y/ZAE 1234 KM
Kab. NgawiH/I/J/K/LAE 1234 PT
Kab. MagetanM/N/O/P/Q/RAE 1234 QS
Kab. PonorogoS/T/U/VAE 1234 UK

Cek Pajak Kendaraan Plat Nomor AE

Setiap pemilik kendaraan plat nomor AE wajib untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor setahun sekali. Tarif dan besarnya pajak yang dibayarkan juga berbeda bagi setiap kendaraan.

Besarnya pajak yang dibayarkan berdasarkan kapasitas mesin pada kendaraan tersebut. Hal ini berdasarkan ketentuan dalam  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 yang kemudian diperjelas pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 terkait Pajak Kendaraan Bermotor.

Selain itu, pajak kendaraan bermotor juga harus dibayarkan sebelum jatuh tempo pembayaran pajak. Karena jika melebihi jatuh tempo yang telah ditentukan, maka akan dikenakan denda.

Nah, agar Anda dapat melakukan pembayaran pajak tepat waktu, maka Anda bisa cek pajak kendaraan Anda secara online. Pemilik kendaraan plat nomor AE, berikut ini beberapa cara untuk cek pajak online.

1. Via SMS

Cara pertama untuk cek pajak kendaraan bisa melalui SMS. Caranya ketik SMS dengan format yaitu JATIM (spasi) plat nomor kendaraan tanpa spasi. Lalu kirim SMS tersebut ke 7070.

Contohnya yaitu JATIM AE1234DS dan kirim ke 7070.

2. Via *368#

Cara lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk cek pajak kendaraan plat nomor AE adalah melalui layanan *368#. Dalam layanan tersebut terdapat pilihan menu Info Ranmor, Info Pajak Ranmor, Pajak Reminder, Info SIMLING, dan Info SAMLINGING, info SAMLING.

Anda bisa memilih menu Info Pajak Ranmor dan masukkan plat nomor kendaraan Anda. Maka akan ditampilkan info masa berlaku STNK, jatuh tempo perpanjangan STNK, dan yang lainnya.

3. Via e-Samsat

Anda juga bisa memanfaatkan e-Samsat untuk cek pajak kendaraan Anda. Anda bisa mengaksesnya melalui situs https://info.dipendajatim.go.id/esamsa. Anda akan diminta untuk mengisi data seperti NIK dan plat nomor AE yang Anda miliki, misalnya AE 1234 DS.

Anda perlu mengecek pajak kendaraan agar pembayaran pajak tidak melebihi jatuh tempo serta dapat mengetahui besarnya pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan.

Posted by
Redaksi

Passionate about using technology to solve real-world problems and looks forward to continuing this work at Sharetrans.id.

×

AdBlock Detected

Teknotuf.com is made possible by displaying ads to our visitors. Please supporting us by whitelisting our website.