Perbedaan Iphone Hdc Dan Ori
Berita

Apa Bedanya iPhone HDC dan Ori? Cek Fakta dan Mitos Sebenarnya!

Produk asli, palsu, tiruan, rekondisi atau apapun namanya memang tidak mengenal batas. iPhone pun tak luput dari tiruan. iPhone tiruan ini dikenal dengan nama iPhone HDC (Hand Copy Draw). Jika cermat, perbedaan iPhone HDC dan ori bisa diketahui dari material dan paling mudah dari harga.

iPhone HDC merupakan HP non-iPhone yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk terlihat seperti Apple. Modifikasi dilakukan di berbagai sektor, dari mulai rupa sampai isi HP-nya. Mengetahui perbedaan antara iPhone HDC yang tiruan dengan iPhone yang asli, akan membuat siapapun tidak menjadi korban penipuan.

Perbedaan iPhone HDC dan Ori

Berikut adalah 9 perbedaan yang bisa ditemukan pada iPhone HDC dan iPhone ori.

1. Garansi

Perbedaan antara yang orisinal dengan yang tiruan selalu ada pada garansinya. iPhone HDC tidak terdaftar atau tidak memiliki garansi resmi. Pemeriksaan garansi bisa dilakukan melalui nomor IMEI dan seri iPhone. Garansi iPhone bisa diperiksa melalui website Check Coverage Apple (www.checkcoverage.apple.com).

2. Material

IPhone bukan HP murah. Kualitas material dari iPhone orisinal kokoh, kuat, dan berkelas. iPhone HDC umumnya memiliki material yang terkesan murah dan ringan. Material pada iPhone HDC ini bisa dirasakan dengan mengamati dan merabanya. Tidak ada kesan “wah” ketika menggenggam iPhone HDC.

3. Layar

Perbedaan iPhone HDC dan ori selanjutnya ada pada layar yang digunakan. Perbedaan display iPhone HDC dengan iPhone ori bisa diamati dengan baik. iPhone selalu menyediakan layar berkualitas respons tinggi. Sebaliknya, iPhone HDC umumnya menggunakan layar yang tidak berkualitas dan tidak responsif.

4. Harga

Perbedaan harga merupakan hal yang akan terlihat jelas. Siapapun yang mengetahui harga iPhone, bahkan yang bekas sekalipun akan kaget ketika ada iPhone dijual di harga 2 sampai 3 juta. Ya, iPhone HDC ternyata di jual di kisaran harga tersebut. Dari angkanya saja sudah jelas kalau itu iPhone tiruan.

5. Sistem Operasi

Luarnya iPhone tetapi dalamnya Android. Itulah yang terjadi pada iPhone HDC. Terdengar konyol, tetapi terjadi dan banyak orang yang percaya. Sistem operasi iPhone adalah iOS. Jika menemukan iPhone dengan sistem operasi Android, dapat dipastikan iPhone tersebut adalah iPhone jadi-jadian alias HDC.

6. iTunes

iPhone ori akan terhubung dengan iTunes yang ada di PC/laptop. Aplikasi tersebut akan langsung mendeteksi iPhone ketika disambungkan ke sana. iPhone HDC sama sekali tidak terdeteksi dan tersambung ke sana. Alhasil, transfer musik dari iTunes HDC dari dan ke iTunes tidak bisa dilakukan.

7. Siri

Perbedaan iPhone HDC dan ori bisa dilihat pada program asisten suara Siri. Program Siri pasti terpasang di iPhone khususnya dan produk Apple umumnya (Macbook, iPad, dll). iPhone HDC tidak akan menyediakan program tersebut. Di iPhone HDC yang tersedia mungkin asisten suara non-Siri.

8. Apple ID

Apple ID adalah akun yang pasti dimiliki oleh pengguna iPhone. iPhone HDC tidak menggunakan akun Apple ID di perangkatnya. Umumnya, akun yang ada di sana adalah akun Google. Karena Apple ID tidak ada, maka pengguna iPhone HDC tidak bisa mengakses beragam layanan dari Apple, termasuk iCloud.

9. App Store

Produk iPhone apapun akan terhubung dengan aplikasi Apple App Store yang merupakan toko aplikasi dan produk yang dibuat oleh Apple. iPhone HDC tidak akan terhubung ke sana. Alih-alih terhubung ke App Store, HP tersebut akan terhubung dengan Google Play Store yang umumnya ada di OS Android.

Daftar perbedaan iPhone HDC dan ori di atas akan menjadi penuntun siapapun ketika akan membeli iPhone dengan harga murah. Pembeli dari iPhone HDC ini tidak semua tertipu, ada yang memang membelinya untuk terlihat keren. Daripada yang palsu, lebih baik membeli iPhone yang bekas saja.